Memanfaatkan Dunia Digital dengan Menjadi Kreatif dan Produktif

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 16:30 WIB

Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)
Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kondisi pandemi membuat percepatan akan transformasi digital tak terhindarkan, akhirnya hampir semua hal beralih ke online. Pengguna internet di dunia pun meningkat, pada Januari 2021 diketahui sudah mencapai 4,66 miliar atau sekitar 59,5 persen populasi global. Dari total tersebut 92,6 persen yakni 4,32 miliar yang mengaksesnya melalui perangkat seluler. 

"Di Indonesia sendiri kini pengguna internet sudah mencapai 202,6 juta, jumlah tersebut meningkat sebanyak 27 juta dari sebelum pandemi. Penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7 persen pada Januari 2021," kata Intan Maharani, COO PositiVibe saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan setiap orang harus bertanya ke diri sendiri apakah waktu yang dihabiskan di internet selama ini merupakan kesibukan yang produktif? Hal tersebut dapat dideteksi dari bagaimana cara setiap orang menghasilkan sesuatu dengan adanya bantuan teknologi internet.

Sekarang internet dipergunakan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan termasuk membuat efisien dalam bekerja. Karenanya aktivitas online yang tinggi pun bukanlah sesuatu yang salah, asalkan setiap orang memahami betul kualitas waktu yang digunakannya. Misalnya jika memiliki prioritas pekerjaan yang harus selesai sedikit namun dapat terselesaikan, dibandingkan memiliki banyak prioritas. Selain itu lebih baik menjadi fokus dibanding mengerjakan segala sesuatu secara multitasking. 

Setiap orang juga harus tahu kapan harus berhenti dan beristirahat, memiliki daftar hal yang harus dikerjakan sehingga tujuannya pun jelas dan bisa fokus pada tujuan besar. Dia mengatakan, pribadi yang produktif juga tahu kapan untuk bilang ya atau tidak, berpikir dulu baru bertindak, serta tahu kapan mendelegasikan tugas.

"Selanjutnya ketahui ciri-ciri orang kreatif, yakni selalu penasaran, intuitif dalam bekerja, pengambil risiko, berpikiran terbuka, sensitif dan ambisius. Mulailah dari diri sendiri, setiap orang harus mengingat bahwa rekam jejak digital yang dapat diakses secara global dan dapat diakses oleh generasi Anda di kemudian hari. Oleh karena itu perlu berinteraksi yang positif sebagai individu dan warga negara Indonesia yang baik," pungkasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Lendy Yustena, Co-Founder GMC Group, Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character, Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf, dan Louiss Reg,i seorang Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.