Tidak Hanya Sumber Informasi, Ini Dia Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 15:25 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Internet saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam banyak aspek, terutama setelah pandemi Covid-19 dengan pembatasan keluar rumah dan interaksi sosial lebih banyak dilakukan di ruang digital.

Inge Indriani Bakrie, Founder Boemboekatjangku mengungkapkan internet merupakan sumber informasi, karena memang di era globalisasi yang semakin meratakan dunia dan membuat jarak semakin dekat.

“Sumber informasi yang tadinya kita dapatkan melalui media elektronik dan media cetak beralih ke dunia digital melalui berbagai platform yang tersedia dengan cepat, murah dan mudah,” ungkapnya saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Manfaat internet lainnya adalah sebagai sarana bersosialisasi dan jaringan pertemanan tersebut merupakan aset. Lewat internet, berbagai jenis relasi pun bisa dibangun lewat berbagai platform yang berbeda-beda mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Zoom Meeting, Telegram, dan lain sebagainya.

Manfaat internet yang berikutnya adalah sebagai sarana pendidikan, karena memang konsep pendidikan tradisional telah berubah secara radikal dalam beberapa tahun terakhir. Hadir secara fisik di ruangan kelas juga bukan satu-satunya pilihan belajar lagi. Dengan adanya internet dan kondisi pandemi saat ini akhirnya muncul alternatif cara belajar.

Hal tersebut pun dirasakan olehnya sebagai orangtua dalam menetapkan pendidikan anak pertamanya yang berusia 12 tahun, dikondisikan sesuai dengan mintat dan bakat anak. Dengan kecanggihan teknologi, putrinya kini bersekolah online bersama siswa lainnya dari berbagai negara dan tetap bisa terhubung. Begitu juga untuk anak keduanya yang kini di tingkat pre-school, bisa mengikuti berbagai kelas dengan belajar melalui sekolah online.

Manfaat internet selanjutnya adalah sebagai nilai ekonomi, dengan kemampuan digital dan networking yang dibangun baik melalui media sosial setiap orang bisa menggunakannya sebagai sarana personal branding. 

“Mengembangkan bakat dan kreativitas, berkolaborasi dengan aset yang kita bangun, berjualan dan mempromosikan produk atau jasa yang kita jual melalui digital marketing dengan lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Ciamis, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Meiskasa, Recruitment Officer Permata Bank, Vivi Indriani, Marcom Manager Bumbubumbuku, Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, dan Benny Daniawan, Dosen Sistem Informatika Universitas Buddhi Dharma. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.