Tidak Hanya Sumber Informasi, Ini Dia Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 15:25 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Internet saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam banyak aspek, terutama setelah pandemi Covid-19 dengan pembatasan keluar rumah dan interaksi sosial lebih banyak dilakukan di ruang digital.

Inge Indriani Bakrie, Founder Boemboekatjangku mengungkapkan internet merupakan sumber informasi, karena memang di era globalisasi yang semakin meratakan dunia dan membuat jarak semakin dekat.

“Sumber informasi yang tadinya kita dapatkan melalui media elektronik dan media cetak beralih ke dunia digital melalui berbagai platform yang tersedia dengan cepat, murah dan mudah,” ungkapnya saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Manfaat internet lainnya adalah sebagai sarana bersosialisasi dan jaringan pertemanan tersebut merupakan aset. Lewat internet, berbagai jenis relasi pun bisa dibangun lewat berbagai platform yang berbeda-beda mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Zoom Meeting, Telegram, dan lain sebagainya.

Manfaat internet yang berikutnya adalah sebagai sarana pendidikan, karena memang konsep pendidikan tradisional telah berubah secara radikal dalam beberapa tahun terakhir. Hadir secara fisik di ruangan kelas juga bukan satu-satunya pilihan belajar lagi. Dengan adanya internet dan kondisi pandemi saat ini akhirnya muncul alternatif cara belajar.

Hal tersebut pun dirasakan olehnya sebagai orangtua dalam menetapkan pendidikan anak pertamanya yang berusia 12 tahun, dikondisikan sesuai dengan mintat dan bakat anak. Dengan kecanggihan teknologi, putrinya kini bersekolah online bersama siswa lainnya dari berbagai negara dan tetap bisa terhubung. Begitu juga untuk anak keduanya yang kini di tingkat pre-school, bisa mengikuti berbagai kelas dengan belajar melalui sekolah online.

Manfaat internet selanjutnya adalah sebagai nilai ekonomi, dengan kemampuan digital dan networking yang dibangun baik melalui media sosial setiap orang bisa menggunakannya sebagai sarana personal branding. 

“Mengembangkan bakat dan kreativitas, berkolaborasi dengan aset yang kita bangun, berjualan dan mempromosikan produk atau jasa yang kita jual melalui digital marketing dengan lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Ciamis, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Meiskasa, Recruitment Officer Permata Bank, Vivi Indriani, Marcom Manager Bumbubumbuku, Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, dan Benny Daniawan, Dosen Sistem Informatika Universitas Buddhi Dharma. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…