Ini Fungsi Keamanan PIN, Kode OTP hingga Autentikasi 2 Faktor

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Ilustrasi Password (Ist)
Ilustrasi Password (Ist)

INDUSTRY.co.id - Menurut survei We Are Social, global responden yang khawatir terhadap penyalahgunaan data di internet rata-rata sebesar 33,1 persen secara pribadi. Tapi, hanya enam negara di Asia yang memiliki persentase di atas rata-rata tersebut. 

Aluisius Surya Product Owner dan Co-Founder Siswamedia mengungkapkan, sebanyak 39,2 persen responden di Singapura mengatakan khawatir soal keamanan data pribadinya di internet. Pernyataan senada pun dikatakan oleh 37,9 persen responden di Korea Selatan dan 36,7 persen di Israel , 35,6 persen di Malaysia, 34,6 persen di Filipina dan 34,3 persen di Indonesia.

“Keamanan data begitu penting untuk mencegah potensi kerugian material, mengurangi risiko penyalahgunaan data atau informasi dan memperkecil peluang tindakan kriminal,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sebab itu setiap pengguna, perlu mengetahui cara untuk menjaga data pribadi, baik itu mengamankan data di perangkat maupun jaringan. Beberapa cara untuk mengamankannya yakni dengan mengaktifkan autektifikasi 2 faktor, jangan membagikan PIN, password, dan kode OTP kepada orang lain, serta hindari untuk memasukan data ke situs atau link yang tidak dikenal.

“Jangan membagikan informasi penting seperti tanggal lahir, nama lengkap, nama orangtua dan alamat. Aktifkan notifikasi email dan SMS, serta jangan lupa untuk menghapus history transaksi,” katanya lagi.

Untuk Anda yang belum mengetahui beberapa istilah baru dalam sistem pengamanan, ketahui tentang 2 factor authentification dan OTP. Disebut juga sebagai autentifikasi 2 faktor, ini merupakan metode login yang memerlukan 2 faktor autentifikasi yang berbeda misalnya penggunaan harus memasukan beberapa informasi faktor autentifikasi lainnya untuk masuk ke akun. Adapun OTP merupakan singkatan dari One Time Password, merupakan kode verifikasi berupa angka yang digunakan sebagai autentifikasi untuk mengakses sebuah aplikasi atau transaksi. 

"Selain itu untuk keamanan perangkat dan transaksi, ketahui juga bagaimana cara menjaga PIN dan OTP yang aman, yaitu jabgan mudah percaya dengan nomor asing. Jangan pernah berikan kode OTP yang Anda terima kepada siapa pun, pastikan rutin mengganti password dan PIN, kemudian aktif mengecek aktivitas di aplikasi dan jangan berikan akses nomor telepon," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Vivi Indriyani, Marcom Manager Bumbubumbuku, Henry V Herlambang, CMO Kadobox, dan Ayu Imada, seorang Blogger dan Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…