Menerapkan Etika di Ruang Digital Bisa Mendatangkan Kolaborasi Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 14:45 WIB

Ilustrasi Berinternet (ist)
Ilustrasi Berinternet (ist)

INDUSTRY.co.id - Pemanfaatan teknologi digital tak sebatas hanya mengoperasikannya dan penggunaan media sosial saja. Lebih dari itu etika di ruang digital sama dibutuhkannya seperti etika di dunia nyata seperti saat melamar pekerjaan maupun berkomentar walaupun tidak bertatap muka langsung.

“Karena ada banyak kasus hanya karena komentar dari jempol yang asal saja bisa menggangu dan menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman, merasa dilecehkan, hingga memicu stres dan gangguan mental, bahkan menyebabkan bunuh diri,” kata Monica Eveline saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan, etika di ruang digital meliputi berkomunikasi yang sopan dan baik, menghindari SARA dan cyberbullying, tidak mengumbar hal-hal pribadi, dan mewaspadai berita hoax yang beredar di internet. Secara kritis warga digital harus bisa memilah informasi mana yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, apalagi di masa pandemi Covid-19 begitu banyak informasi kesehatan yang beredar dan belum tentu benar.

Dia juga mengatakan ketika seseorang bisa menerapkan etika saat menggunakan media digital akan memiliki keuntungan. Seperti membangun personal branding dan membawa kredibilitas dan kepercayaan. Termasuk membangun relasi, dan membuat seseorang menjadi mudah untuk bisa melakukan kolaborasi misalnya dengan brand atau influencer. 

“Namun harus berhati-hati saat memutuskan untuk berkolaborasi agar tidak tertipu,” tuturnya.

Dia menyarankan agar mengecek kembali track record, konten yang sering dibagikan, perhatikan juga bagaimana etikanya di ruang digital. Selain itu cek juga pernah berkolaborasi dengan siapa saja, perhatikan juga circle terdekatnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Pipit Djatma, Fundraiser Consultant & Psychososial Actvist IBU Foundation, dan Louiss Regie, seorang Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…