KASAL Laksamana Yudo Pastikan Latihan Operasi Amfibi Merupakan Latihan Puncak dan Gabungan

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Margono
KASAL Laksamana Yudo Margono

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Latihan Operasi Amfibi (Latopsfib) yang digelar TNI Angkatan Laut ini merupakan latihan puncak sehingga bentuk latihan ini bersifat gabungan dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yakni KRI (Kapal Perang Republik Indonesia), Pesawat Udara (Pesud), Marinir dan Pangkalan. Demikian  disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dihadapan media seusai menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latopsfib tahun 2021 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta,  Jumat (22/10).

Latopsfib ini akan diselenggarakan di Dabo Singkep dengan melibatkan sebanyak 4.300 prajurit, 33 KRI dan 16 Pesawat Udara (Pesud) serta 39 material tempur Korps Marinir, dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan kesiapan operasional dan sebagai tolok ukur hasil pembinaan latihan serta keterpaduan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Apel gelar pasukan yang dihadiri Anggota Komisi I DPR RI yaitu Effendi Muara Sakti Simbolon, Fadhullah, Dave Akbarsyah Fikarno, Yan Mandenas, dan Saifullah Tamliha, ditampilkan demostrasi pertahanan udara dengan skenario terjadi serangan pesawat udara kepada unsur-unsur KRI di Pangkalan TNI AL yang akan melaksanakan operasi amfibi, serangan udara ini diperankan 6 Pesud Bonanza dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal).

Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana Yudo seperti diinformasikan Dispen TNI AL menyampaikan bahwa, TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara di laut bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kesiapan tempur matra laut. Kekuatan Armada Laut harus selalu siap digelar setiap saat.  Untuk itu, TNI AL perlu membangun sebuah Armada Perang yang memiliki daya gentar tinggi, harus diikuti dengan pembinaan kesiapan tempur alutsista, termasuk di dalamnya peningkatan profesionalisme prajurit pengawaknya. 

“Latihan Operasi Amfibi yang digelar setiap tahun merupakan implementasi nyata dari pembinaan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan laut yang siap dioperasikan atau Operational Ready Force.  Hal ini diperlukan untuk menjawab tantangan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang selalu berubah dengan cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan kekuatan angkatan laut yang mampu untuk digerakkan setiap saat dalam situasi apapun,” tegas Kasal.

Sementara itu, Effendi Simbolon mewakili Fraksi Komisi I DPR mengatakan kehadiran pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latopsfib adalah bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap Latihan yang dilaksanakan oleh Kasal dan prajurit TNI AL. “Kita berdoa agar semua yang di rencanakan oleh TNI AL dalam melaksanakan Latihan berjalan aman, lancar dan di ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.  Besok juga kami dari 9 fraksi akan hadir secara fisik untuk mendampingi prajurit melaksanakan latihan operasi amfibi di Dabo Singkep,” kata Anggota Komisi I DPR tersebut.

Selain itu, Effendi Simbolon menambahkan bahwa dukungan Komisi I DPR RI dari tahun ke tahun selalu berada pada satu perahu dengan TNI yaitu memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan anggaran baik itu untuk memenuhi Minimum Essential Force (MEF) Renstra TNI khususnya, dan juga peningkatan alusista serta memberikan dukungan  untuk kesejahteraan seluruh prajurit TNI dan TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

Apel Gelar Pasukan Latopsfib 2021 tersebut bertindak sebagai Pengambil Apel yaitu  Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Amfibi (Pangkogasgabfib). Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M,M., para Pejabat Utama TNI AL,  para Pangkotama TNI AL, para pendukung Latihan, dan para perwakilan dari TNI AD, TNI AU dan Polri, serta instansi terkait.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…