Ingat! Orangtua Wajib Ajari Anak untuk Menjaga Keamanan Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:40 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Orangtua wajib untuk meminimalisir kejahatan digital yang kemungkinan bisa terjadi pada anak-anak yang kini semakin dekat dengan gawai.

Anak dan remaja harus diarahkan jangan sampai mereka terbuka mengenai data pribadi mereka. Jangan sampai terjadi kepada anak-anak kita kalau ada orang lain tahu informasi tentang kita secara jelas. Termasuk kita harus titipkan juga kepada anak-anak, bagaimana berinteraksi di ruang maya seperti apa.

Satria Andika, Jawara Internet Sehat Jawa Barat mengatakan, orangtua atau mereka yang lebih dewasa di sekitar anak-anak harus berkomunikasi. Dengan siapa mereka berkomunikasi, orang asing di dunia maya di media sosial. 

"Mungkin ada yang mengaku ngaku seorang laki-laki yang tampan yang melakukan chatting dengan remaja putri lalu akhirnya ketemuan dan terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan. Interaksi anak di ruang maya dengan siapa berkomunikasi," jelasnya saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Ketiga adalah konsumsi konten ini juga yang jadi catatan, dimana kita mengkonsumsi kenapa menonton YouTube? Youtuber siapa yang ditonto? Kontennya seperti apa? Kita harus kontrol jangan sampai lepas, jangan demi anak tenang orang tua kasih gawai tanpa pengawasan.  

"Harus dikontrol dulu konten apa yang dilihat. Berikan aplikasi atau platform yang membatasi seperti YouTube kids dan lainnya yang dapat menyesuaikan agar konsumsi kontennya bisa sesuai dengan usia anak," lanjut Satria.

"Selalu ingatkan anak apa saja yang tidak boleh mereka posting di media sosial. Contohnya alamat rumah, nomor telepon, nama lengkap keluarga atau bahkan foto kartu keluarga. Sampaikan itu harus jelas siapa yang meminta dan untuk kebutuhan apa jika ad pihak yang bertanya. Sekalipun dari pihak sekolah, hak seperti itu bisa kita tanamkan sejak dini," tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/10/2021) pagi, juga menghadirkan pembicara, Laura Ajawaila (Psikolog Klinis Dewasa), Eunike Iona Saptanti (Trainer & Educator), Muhammad Miftahun Nadzir (dosen universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Martin Kax sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.