5 Tips Membuat Visual Konten Lebih Menarik di Media Sosial untuk Bisnis

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 13:30 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Di era digitalisasi seperti sekarang, media sosial dengan berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube hingga TikTok menjadi saluran komunikasi untuk mengenalkan brand, produk, maupun jasa lewat konten dengan digital marketing.

Maria Ivana Simon, seorang Graphic Designer JCO mengatakan, konten haruslah menarik, memiliki daya pikat, menghibur, yang buat penasaran, unik, indah, eye catching. Akan tetapi konten yang baik bukan hanya menarik tapi perlu berisikan informasi yang jelas dan benar.

“Supaya bisa membuat konten yang tepat, kenali tujuan serta kelebihan brand, Kemudian tentukan lebih detail dan spesifik area pasar yang hendak dituju, bangun kepercayaan,” ujarnya di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Adapun dari sisi visual, Maria memberikan tips khusus supaya konten menarik, antara lain:

1.Tentukan warna
Warna akan memengaruhi bagaimana konten dapat mencuri perhatian. Misalnya background hitam dan merah yang cenderung menarik perhatian mata ketika seseorang scroll media sosial. 

2.Tentukan konten apa yang akan dibagikan
Mengetahui sasaran komunikasi, mengenal brand akan mempermudah penentuan konten yang akan dibagikan. Jangan lupa perhatikan sisi informatifnya bagi audience. 

3.Cari style apa yang target suka
Kenali dulu target market yang dituju. Misal produk susu anak, tentu saja sasaran marketnya adalah orang tuanya. Sehingga buatlah konten mengenai parenting yang bermanfaat dan menarik.

4.Konsisten
Selain konsisten dalam unggahan konten, akun bisnis yang berangkutan juga harus konsisten dengan kesan yang ingin dibangun oleh brand. Termasuk pemilihan bahasa juga harus konsisten dan sesuai untuk target.

5.Kualitas visual baik
Kualitas visual seperti resolusi gambar dan kualitas video, berapa durasi yang diunggah akan memengaruhi engagement. 

6.Cari referensi dari berbagai media
Menyimak segala tren saat ini menjadi keharusan di sosial media, sambil melihat bagaimana kompetitor mengemas kontennya menjadi menarik.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Syarief Hidayatulloh, Digital Strategis Hello Monday Morning, Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara, dam Andi S. Hardiyanti, seorang Medical Doctor & Health Educator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…