5 Tips Membuat Visual Konten Lebih Menarik di Media Sosial untuk Bisnis

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 13:30 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Di era digitalisasi seperti sekarang, media sosial dengan berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube hingga TikTok menjadi saluran komunikasi untuk mengenalkan brand, produk, maupun jasa lewat konten dengan digital marketing.

Maria Ivana Simon, seorang Graphic Designer JCO mengatakan, konten haruslah menarik, memiliki daya pikat, menghibur, yang buat penasaran, unik, indah, eye catching. Akan tetapi konten yang baik bukan hanya menarik tapi perlu berisikan informasi yang jelas dan benar.

“Supaya bisa membuat konten yang tepat, kenali tujuan serta kelebihan brand, Kemudian tentukan lebih detail dan spesifik area pasar yang hendak dituju, bangun kepercayaan,” ujarnya di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Adapun dari sisi visual, Maria memberikan tips khusus supaya konten menarik, antara lain:

1.Tentukan warna
Warna akan memengaruhi bagaimana konten dapat mencuri perhatian. Misalnya background hitam dan merah yang cenderung menarik perhatian mata ketika seseorang scroll media sosial. 

2.Tentukan konten apa yang akan dibagikan
Mengetahui sasaran komunikasi, mengenal brand akan mempermudah penentuan konten yang akan dibagikan. Jangan lupa perhatikan sisi informatifnya bagi audience. 

3.Cari style apa yang target suka
Kenali dulu target market yang dituju. Misal produk susu anak, tentu saja sasaran marketnya adalah orang tuanya. Sehingga buatlah konten mengenai parenting yang bermanfaat dan menarik.

4.Konsisten
Selain konsisten dalam unggahan konten, akun bisnis yang berangkutan juga harus konsisten dengan kesan yang ingin dibangun oleh brand. Termasuk pemilihan bahasa juga harus konsisten dan sesuai untuk target.

5.Kualitas visual baik
Kualitas visual seperti resolusi gambar dan kualitas video, berapa durasi yang diunggah akan memengaruhi engagement. 

6.Cari referensi dari berbagai media
Menyimak segala tren saat ini menjadi keharusan di sosial media, sambil melihat bagaimana kompetitor mengemas kontennya menjadi menarik.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Syarief Hidayatulloh, Digital Strategis Hello Monday Morning, Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara, dam Andi S. Hardiyanti, seorang Medical Doctor & Health Educator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…