Kesadaran Jadi Prinsip Etis di Dunia Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:40 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kesadaran menjadi prinsip berperilaku baik di dunia digital. Dengan jumlah pengguna internet yang kian meningkat, berbagai karakter orang, pendidikan dan tingkat lapisan sosial budaya berbeda membuat perbedaan pendapat bisa terjadi.

"Sempatkan waktu untuk berpikir sebelum berinterkasi dan berpartisipasi di dunia digital," ujar Chika Amalia Public Figure Branding & Partnership saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Namun sebelum itu menurut dia sebagai pengguna media sosial setiap orang bisa menyaring terlebih dulu apa yang ingin dilihat. Sebab aktivitas di dunia digital sebenarnya bisa dikontrol, mulai dari siapa yang diikuti di media sosial, berteman dengan siapa, siapa saja yang bisa melihat akun pribadi kita, maupun menyaring apa yang akan dibagikan ke pengguna lainnya. Ada begitu banyak fitur di media sosial yang bisa digunakan seperti follow, mute, hide account, yang sebenarnya bisa memfilter segala hal negatif.

Chika yang biasa menghandle klien para selebritis seperti Atta Halilintar, Iko Uwais, hingga Audy Item pun membuat strategi tertentu untuk branding dan menangani komentar netizen. Seperti menganalisa terlebih dulu sebelum merespons sesuatu, apalagi berita hoax yang tidak boleh disebarkan karena akan memicu kegaduhan bila yang mengunggah ulang selebriti atau orang dengan followers di atas ribuan.

Lebih lanjut dia pun mengatakan, ada beberapa etika di dunia digital seperti saat menggunakan konten milik orang lain. Jangan sampai memakai foto tanpa izin, apalagi untuk kepentingan komersil karena akan bersentuhan dengan Hak Kekayaan Intelektual.

Selain itu dia mengingatkan, agar di ruang digital setiap orang fokus menyebarkan hal-hal positif. Salah satu contohnya saat momen 17 Agustus lalu Atta Halilintar membuat konten lagu semangat patriotisme yang mengajak Krisdayanti, serta beberapa selebritis lainnya untuk lagu tersebut. 

"Tak heran jika lagu tersebut hanya dalam beberapa hari daja sudah dilihat oleh jutaan orang di Asia Tenggara dan menjadi trending," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Pringgo Aryo, seorang Produser & Komposer Musik, Shandy Susanto, Dosen Podomoro University, Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf, dan Made Nandhika, Abang None Jakarta 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.