Genap 4 Tahun Mengaspal, Mitsubishi Xpander Sukses Curi Hati Konsumen

Oleh : Ridwan | Minggu, 24 Oktober 2021 - 07:45 WIB

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahun ini, Mitsubishi Xpander genap 4 tahun di Indonesia. Banyak pencapaian yang telah diraih low multi purpose vehicle (LMPV) berlambang tiga berlian tersebut.

Dikenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Mitsubishi Xpander kini menjelma jadi mobil yang paling dipilih oleh masyarakat.

Desain futuristik dengan menyatukan kenyamanan MPV dalam wajah SUV yang menunjukan ketangguhannya, menjadikannya pilihan konsumen.

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Mitsubishi Xpander dari September 2017 sampai September 2021 mencapai 200 ribuan unit.

Tak hanya fokus pada tampilannya, Mitsubishi Xpander juga diminati karena loncatan teknologi yang disematkan padanya. Mobil ini membawa teknologi terkini dan terdepan di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV).

Adapun fitur-fitur unggulan yang dimiliki Mistubishi Xpander antara lain, Hill Start Assist (HSA) yang menjamin mobil tetap aman saat menanjak, Active Stability Control (ASC) yang mengendalikan mobil apabila mobil saat manuver mendadak, dan Cruise Control agar mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus digas.

Selain itu, ada fitur rest reminder di panel MID Xpander Ultimate AT. Fitur ini bertugas mengingatkan pengemudi untuk istirahat dalam waktu tertentu, ada juga amera mundur atau kamera parkir untuk mengawasi sekitar saat ingin parkir.

Karena itu, tak heran waktu pertama kali di luncurkan, permintaan terhadap Mitsubishi Xpander sangat tinggi. 

"Mitsubishi Xpander, model Small MPV pilihan keluarga Indonesia yang hadir dengan berbagai keunggulan akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani keluarga dalam mempersiapkan Adventure senyaman di rumah," kata Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura, dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Saat ini, penjualan Mitsubishi Xpander mulai kembali naik pasca pandemi. Selain itu, kebijakan pemerintah memberikan diskon PPnBM 100 persen juga membantu meningkatkan penjualan Xpander.

Tencatat Mitsubishi Xpander berkontribusi 38 persen terhadap seluruh penjualan Mitsubishi pada September 2021. Artinya, mobil yang terjual sebanyak 3.398 unit ini mampu menjaga pangsa pasar di segmen MPV dengan raihan lebih dari 30 persen sepanjang september 2021.

Budi Dharmawan Daulay selaku Group Head of Regional Sales Marketing Division MMKSI mengatakan , mulusnya penjualan Mitsubishi Xpander juga didorong insentif PPnBM, di mana semua varian Mitsubishi Xpander maupun Mitsubishi Xpander Cross mendapat kenaikan penjualan.

"Permintaan Mitsubishi Xpander meningkat dengan adanya insentif PPnBM. Naiknya penjualan Mitsubishi Xpander hingga 100 persen tidak cuma terjadi di Jabodetabek, tapi juga di beberapa daerah," katanya.

Tak hanya moncer di pasar domestik, Xpander juga banyak menarik minat di berbagai negara sehingga ia menjadi salah satu kendaraan yang terus melayani pasar ekspor. Kurang lebih ada 39 negara menjadi tujuan negara ekspor ke negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Dengan kesuksesannya itu, Mitsubishi Xpander mendapatkan penghargaan Car Of The Year Otomotif Award 2018 dari tabloid Otomotif. 

Tidak hanya itu, Mitsubishi Xpander juga mendapatkan penghargaan sebagai Best of The Best MPV.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…