Biar Cuan, Ini 6 Trik Jualan Online di Marketplace

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:40 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id - Geliat UMKM di Indonesia untuk masuk ke marketplace bertumbuh. Data Bank Indonesia (BI) Januari 2021, sebanyak 15,3 juta UMKM masuk ke platform digital hingga akhir Agustus 2021, masih ada 28 juta UMKM lagi yang masih dalam proses konfirmasi pendataan. 

Dona Vennytaria, Owner New Life sebuah online shop barang prelove mengungkapkan, ada begitu banyak marketplace yang bisa dipilih pemilik usaha untuk mulai go digital.

“Pilih aplikasi yang user friendly. Mudah untuk update produk dan harga, bisa untung besar dengan modal kecil, ada gratis iklan toko dan produk, memiliki jangkauan luas di dalam maupun luar negeri, serta bebas biaya transfer ke rekening penjual,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan beberapa trik agar bisa sukse jualan online dari pengalamannya terjun ke marketplace, antara lain:

1.Produk
Ingin jualan produk apa? Apakah ingin membuatnya sendiri, menjual produk buatan orang lain, hal tersebut akan menentukan berjalannya alur penjualan.

2.Sumber produk
Sumber produk bisa didapat dari buatan sendiri, apakah pre-order dulu atau open PO. Bisa juga menjadi reseller dengan menyetok barang yang sudah siap dibeli sehingga ketersediannya pun dapat diatur.

3.Waktu pengerjaan
Untuk barang pre-order tentunya ada waktu pengerjaan yang harus diperhatikan. Sehingga konsumen pun saat membeli mengetahui sejak awal. Bahwa tidak langsung bisa dikirim barang yang dipesan.

4.Stock produk
Ketersedian stock menjadi bagian penting penjualan, sebab waktu pengiriman dan ulasan dari penjual akan memengaruhi penilaian toko kedepannya. Sehingga stock barang juga harus diperhatikan, menjual produk yang memang kita kuasai sangat penting dalam hal ini.

5.Packaging
Packaging menjadi hal penting saat ini, packaging yang menarik tentu akan menjadi nilai lebih dari sebuah produk untuk dilirik konsumen. Namun pasti ada biaya tambahan dan dibebankan langsung di harga jual.

6.Jangkauan
Jangkauan pengiriman juga memengaruhi perputaran produk untuk terus terjual. Apakah bisa dijual ke seluruh Indonesia karena barangny tidak memiliki kadaluarsa. Jika berupa makanan yang kadaluarsa biasanya juga pengirimannya berbeda karena langsung di satu hari atau sameday.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Whisnu Bakker, Head of Digital Marketing Paragon Pictures, Ana Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm dan Louiss Regi seorang Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:45 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tinjau Kesiapan Sarpras Catar AAL Surabaya

Markas Komando (Mako) Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya, Jalan Opak, No.09, Surabaya, yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat Test Terpusat Werving Calon Taruna (Catar) Akademi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…