5 Digital Skills yang Harus Dikembangkan di Era Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:00 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digital skills amatlah penting di era yang serba memanfaatkan internet dan teknologi seperti sekarang ini. Terlebih saat pandemi, ketika ruang gerak terbatasi manusia akhirnya harus beradaptasi. Tak heran kalau jumlah pengguna internet bertambah signifikan selama dua tahun terakhir dengan 202,6 juta jiwa dan di antaranya 170 juta telah aktif menggunakan media sosial.

Beberapa digital skills harus dikembangkan agar mampu bertahan di kondisi yang begitu cepat berubah. Sandy Nathalia, Co-Founder of Beauty Cabin saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, mengungkap lima digital skills yang harus dikembangkan, antara lain:

1.Komunikasi sosial media
Saat ini penggunaan media sosial bukan hanya untuk mengupdate status saja, tapi digunakan sebagai sarana berkomunikasi lain seperti branding. Dengan peningkatan aktivitas masyarakat di media sosial, digital skills terkait penggunaan media sosial akan sangat berguna.

2.Marketing, bercerita dengan sosial media
Marketing yang sifatnya hard skills akan sulit untuk menjangkau konsumen baru. Namun lewat kemampuan bercerita di media sosial pemasaran produk atau jasa tak terkesan berat dan bisa diterima lebih baik oleh konsumen, serta mendatangkan brand awareness.

3.Mengoperasikan perangkat digital
Hal ini menjadi wajib karena penggunaan perangkat digital seperti smart phone dan laptop menjadi keseharian yang dimanfaatkan untuk bekerja.

4.Membuat visualisasi konten menarik
Pelajari cara membuat desain, foto dan video menarik. Salah satunya yang paling mudah adalah bisa menggunakan aplikasi Canva yang cukup sederhana pemakaiannya.

5.Analisa data
Data menjadi kekuatan di zaman ini, hal tersebut juga terkait pengalokasian budget untuk promosi dan target marketing agar lebih efisien tepat sasaran dalam penggunaanya

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership, Shandy Susanto, Dosen Podomoro University, Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf, Made Nandhika, Abang None Jakarta 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.