Indonesia dan Keberagamannya Membutuhkan Netiket di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:25 WIB

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)
Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

INDUSTRY.co.id - Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia dari 202,6 juta pengguna internet, sebanyak 170 juta jiwa aktif di media sosial. Dengan perbedaan yang beragam dan kemajuan teknologi informasi diperlukan atas pemahaman netiket atau etika berinternet di dunia maya.

Pipit Djatma, Fundraiser Consultant & Psychososial Actvist IBU Foundation mengungkapkan netiket singkatan dari network etiquette yaitu etiket di jaringan dunia maya. Etiket tersebut dibawa saat menggunakan internet, dari email yang bersifat personal hingga forum digital seperti social networking, chat dan sebagainya.

"Sama seperti halnya komunitas, forum digital juga mempunyai aturan dan tata tertib yang menyangkut batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet," katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dari sisi etika masyarakat Indonesia masih perlu mendapatkan literasi digital. Hal tersebut terlihat dalam hasil survei Microsoft yang menyebut netizen Indonesia sebagai paling tidak sopan se-Asia Tenggara. 

Menurut Pipit ada urgensi dari netiket di Indonesia yakni pemahaman bahwa semua pengguna internet di dalamnya jugalah manusia sehingga tetap harus mengikuti aturan tata krama dan sopan santun seperti di dunia nyata.

"Apalagi pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki perbedaan bahasa, budaya dan adat istiadat. Selain itu pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse di mana mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. Meskipun berbagai fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis dan tidak etis, namun pada dasarnya identitas asli tetap bisa terungkap," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist, Loka Hendra, Head of Food & Beverage Cinepolis Indonesia, Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS, dan Manda Utoyo, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…