4 Tips Menjadi Digital Creator Membuat Konten Bermanfaat dan Bernilai Positif di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat internet sudah cukup merata di Indonesia dan fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini bisa manfaatkannya sebagai sarana content marketing. Di mana seiring waktu penggunaan internet, apalagi sejak pandemi makin banyak bermunculan content creator.

“Konten sumbernya bisa dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, kadang kita mau kasih kata inspirasi quote positif dari orang lain kode etiknya kita tulis juga sumbernya,” kata Fanny Fabriana, seorang Public Figure dan Content Creator saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Di masa pandemi saat semua sudah serba digital dan aktivitas lebih banyak di rumah, rata-rata orang menggunakan internet 8 jam lebih per hari dengan waktu 3 jam 14 menit dihabiskan untuk sosial media. Di sinilah kesempatan bagi setiap orang untuk memberikan nilai positif menjadi digital creator atau content creator.

Lebih lanjut Fanny membagikan tips menjadi digital creator, antara lain:

1.Buat ide dari pengalaman atau hobi yang disukai dan dikuasai agar lebih mudah saat mengeksplore, menggali lebih banyak ide. Dengan begitu saat membuat konten akan lebih menjiwai dan tentunya akan bagus hasilnya. Dibanding mengikuti tren, akan lebih mudah seseorang membuat konten dari pengalaman pribadi.

2.Kejujuran saat membuat konten atau originalitas sangatlah penting. Dengan begitu maka setiap yang dihasilkan dari konten tentu lebih bagus hasilnya. Boleh saja mengambil inspirasi, mengutip sesuatu di internet namun jangan lupa etika untuk menyebutkan sumber aslinya.

3.Sebisa mungkin menurut Fanny saat membuat konten untuk memerhatikan sisi manfaatnya, memotivasi atau menginspirasi dan memiliki nilai. Sementara itu biasanya netizen menyukai konten yang merupakan jawaban dari permasalahan.

4. Gunakan bahasa dan kata-kata sopan yang mudah dimengerti sehingga apapun pesan yang ingin disampaikan bisa diterima baik oleh audiens.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Ardin, Kepala Sekolah SMA 2 Kota Bekasi, Rini Resmiyati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA 2 Kota Bekasi, dan Asyraf Ilmansyah, Data Scientist & Analyst BRI.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:48 WIB

Bank Mandiri Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Bank Mandiri konsisten memperkuat eksistensi sebagai lembaga keuangan terpercaya dalam mendukung sektor usaha lewat dukungan pembiayaan dengan skema sindikasi, terlihat dari posisi Bank Mandiri…

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…