Digitalisasi Membuat Penyebaran Informasi Begitu Cepat, Namun Berbagi di Internet Harus dengan Etika

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:30 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi telah membawa dampak yang cukup besar pada bagaimana sebuah informasi disebarkan yang semula bergantung pada bentuk fisik berubah ke bentuk elektronik. Situasi ini kemudian membawa dunia pada sebuah era yang disebut dengan era digital abad ke-21. 

“Di dunia digital ini segala sesuatu instant tapi kita tetap harus aware mana yang boleh dilakukan dan tidak dilakukan,” kata Williya Novianti, Akademisi & Praktisi Bidang Bimbingan dan Konseling SMA 1 Batujajar saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Era digital merupakan sebuah masa di mana terdapat akses yang luas, siap dan mudah untuk menggunakan maupun berbagi informasi secara elektronik. Selain itu penggunaan media digital khususnya pada generasi milenial durasinya semakin lama dan massif. Bahkan kaum pendidik seperti dirinya yang dulunya tidak memakai digital, kemudian di masa pandemi  ini dituntut untuk memiliki keterampilan digital. 

Maka tak heran kalau pengguna internet terus bertambah. Menurut data Biro PusatStatistik (BPS) jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2015 berjumlah 96,5 juta jiwa, kemudian meningkat menjadi 112,1 jiwa di tahun 2017 dan bertambah lagi menjadi 150 juta jiwa atau 56 persen dari total populasi di tahun 2019. Puncaknya saat pandemi melanda, ada peningkatan sekitar 25 juta pengguna atau naik 17 persen pada 2020.

Namun survei Digital Civility Index (DCI) mengenai keberadaban digital yang dipublikasikan Microsoft pada Februari 2021 lalu, netizen Indonesia mendapat predikat sebagai yang paling tidak sopan se-ASEAN. Keberadaban yang dimaksud terkait perilaku berselancar di dunia maya dan aplikasi media social akibat penyebarluasan berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian, diskriminasi, cyberbullying, hingga penipuan online.  

“Jejak digital itu nyata dan tidak bisa dihapus. Untuk itu kita harus lebih mengenal dan mengetahui apa itu kesopanan, attitude, beradab, dan etika dalam dunia digital,” pungkasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Meiskasa, Recruitment Officer Permata Bank, Maria Natasya, Internal Communication Strategic Planner CIMB Niaga, Nandya Satyaguna, seorang Medical Doctor dan Manda Utoyo seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat penyerahan hewan kurban di lingkungan Kemenperin

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:15 WIB

Serahkan 25 Ekor Sapi & Dua Kambing, Kemenperin Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang…

Anita buchari Direktur sponsor dan marketing Gudhype dan Glenn Parengkuan Head of promotion Gudhype dalam Press Conference GUDHYPE PRESENT CHOTHAFEST 2022

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:00 WIB

Digelar di Jakarta Pentagon hingga BTOB Siap Ramaikan Chothafest 2022, Catat Tanggalnya!

Dengan semangat baru, GudHype akan menyapa para penggemar konser di tanah air. Dengan mengusung nama dan visi baru sebelumnya, Gudlive berganti nama menjadi GudHype akan kembali menyapa penggemar…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:41 WIB

Dahsyat! Menjadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Kelima Dunia, ASEAN Eratkan Kerja Sama Strategis dengan Italia

Jakarta-Pemerintah optimis terhadap kondisi dan outlook perekonomian di kawasan ASEAN. Hal tersebut berdasar pada PDB dari 10 negara ASEAN di tahun 2021 yang mencapai USD 3,36 triliun dan menjadikan…

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:32 WIB

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Ilustrasi penerbangan

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:00 WIB

Setelah Tutup Selama Pandemi, China Mulai Buka Penerbangan Internasional

China baru-baru ini memulai operasi penerbangan dalam negeri maupun internasional setelah larangan dua tahun karena pandemi Covid-19. Beijing yang sejak awal 2020 tertutup bagi penerbangan internasional…