Adaptasi Digital Skills, Telemedicine Jadi Pilihan Masyarakat Kala Pandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 Oktober 2021 - 12:45 WIB

Telemedicine (Foto Dok Tribunnews)
Telemedicine (Foto Dok Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, telah membuat masyarakat harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal untuk setiap sendi kehidupan. Lewat gawai saja aktivitas mencari informasi, belajar, bekerja, berbelanja bisa dilakukan dan tak terkecuali di bidang kesehatan, telemedicine akhirnya jadi pilihan untuk mengurangi interaksi karena kondisi pandemi Covid-19.

Andi S.Hardiyanti, seorang Medical Doctor dan Health Educator mengatakan, telemedicine di kondisi pembatasan interaksi manusia selama pandemi Covid-19 menjadi solusi saat pasien membutuhkan konsultasi ke dokter namun takut untuk keluar rumah.

"Hampir semua fasilitas kesehatan sudah mulai menyediakan aktivitas konsultasi secara online lewat telemedice," ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Telemedicine sendiri merupakan media konsultasi online antara pasien dengan dokter atau tenaga kesehatan melalui web atau aplikasi. Penggunaannya cukup gampang, melalui web maka calon pasien hanya perlu harus memiliki kontak fasilitas kesehatan yang dituju dan melalukan registrasi di fasilitas kesehatan.

Dia mengatakan, dibandingkan harus menunda ke rumah sakit karena kondisi pandemi pasien yang membutuhkan pertolongan cepat sangat terbantu dengan telemedicine. Karena lewat telemedicine, pasien dapat memilih berkonsultasi dengan dokter yang mana dan jadwal yang ditentukan. Tak hanya konsultasi, pasien pun bisa mendapatkan resep obat atau pengantar pemeriksaan laboratorium, dan saat membutuhkan surat rujukan untuk ke rumah sakit.

"Dengan telemedicine yang memanfaatkan internet, Andi yang seorang dokter juga memanfaatkan interaksi digital lewat media sosial pribadinya untuk berbagi informasi seputar kesehatan. Dia sering membagian tips dan membuka tanya jawab dengan para pengikutnya. Seringkali dia juga memanfaatkan media sosial TikTok untuk membuat video yang mengedukasi masyarakat perihal informasi kesehatan terkini," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Dadang dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupatek Sumedang, Cyntia Jasmine, Founder GIFU, Shandy Susanto, Dosen Podomoro University, dan Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Intan Maharani COO PositiVibe, dan Vivian Wijaya, Enterpreneur & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.