Penerapan Digital Marketing Untuk Bisnis Besar dan Kecil

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:45 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id - Digital marketing kini menjadi kewajiban dunia usaha mulai dari UMKM hingga perusahaan besar. Jenis-jenis digital marketing itu meliputi apa saja yang bisa dilakukan agar pemasaran di ruang di kita ini semakin maksimal. Semua dapat dilakukan ataupun hanya beberapa tergantung dari target pasar, kemampuan dari perusahan itu sendiri serta dari SDM yang ada.

Muhammad Agreinda, Relawan TIK Indonesia menyebut, marketing digital itu terdiri dari website, search engine marketing, social media marketing, online advertising, email marketing dan video marketing. Kecakapan digital memang sangat dibutuhkan untuk menguasai jenis-jenis digital marketing ini. 

"Sangat beruntung jika memang memiliki semua skill untuk bisa melakukan semua ini. Kalau tidak tentu kita dapat berkolaborasi dengan banyak pihak untuk dapat bersama-sama membuat iklan atau kampanye untuk memasarkan produk kita," jelasnya saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sedangkan, perusahaan besar tentu memakai semua jenis-jenis dari digital marketing. Mereka memiliki website, media sosial yang aktif untuk membuat kedekatan dengan konsumen menggunakan video singkat atau bahkan film pendek di YouTube. Bahkan dengan pelanggan tertentu mereka juga menggunakan email marketing, merekrut analyst data untuk menganalisis pasar, dan membuat website yang mudah dicari.

Bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis di dunia digital. Agreinda memberikan tips alat apa saja yang harus dipersiapkan seperti website. Pilih dari domain gratis yang berasal dari blog. Kemudian akun media sosial, identitas brand dan jejak online online yang berupa review feedback dari pelanggan dan lain-lain dalam dunia digital marketing alat bantu ini merupakan aset bagi kita jadi uruslah dengan baik.

Harus dipersiapkan lagi adalah konten yang menarik perhatian dan shareable. "Biasanya dalam bentuk grafis menarik yang informatif atau informasi kekinian. Membuat orang ingin membagikan, kita juga harus menemukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten," tuturnya. 

Selanjutnya, mengunggah dan mengevaluasi unggahan di setiap media sosial yang dimiliki. Tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.

Bukan hal yang salah jika brand kita memiliki banyak media sosial. Tapi tentu harus dilihat mana yang menjadi prioritas untuk diurus lebih baik lagi. Dilihat dari feedback dari media sosial itu sendiri, Facebook atau Instagram yang paling banyak orang biasanya merespon.

"Terakhir bergabunglah dengan forum publik usahakan profil bisnis kita bagus karena akan berpengaruh terhadap citra brand," tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021) pagi, juga menghadirkan pembicara, Bambang Iman Santoso (CEO Neuronesia Learning Center), Lim saung Liang (Owner Madame Lim), Bowo Suhardjo (Konsultan Bisnis), dan Rio Silaen sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…