Transformasi Digital Mengubah Kebiasaan Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:00 WIB

Ilustrasi transformasi digital (Doc:infokomputer)
Ilustrasi transformasi digital (Doc:infokomputer)

INDUSTRY.co.id - Teknologi mengubah masyarakat, ada paradigma yang harus kita pahami ada transformasi digital yang mengubah kebiasaan. 

Seperti pendidikan tatap muka kini bisa dilakukan online, bersosialisasi dengan bertemu kini lebih asik berinteraksi dengan gawai. Di bidang ekonomi pun transaksi biasanya secara langsung namun kini dapatdilakukan secara daring.

Ahmad Lutfi Ghozali, dosen Politeknik Negeri Indramayu mengatakan, untuk dapat bisa melakukan transformasi ini dibutuhkan sebuah kecakapan digital. 

Indikator pertama dari kecakapan dalam budaya digital adalah bagaimana setiap individu menyadari bahwa ketika memasuki era digital secara otomatis dirinya telah menjadi warga negara digital. 

"Ketika menjadi warga negara digital mereka tidak lantas menjadi lupa dengan apa yang menjadi pedoman sebagai warga negara Indonesia yaitu Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika tetap menjadi landasan mereka dalam kecakapan digital," ungkapnya saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayahKabupaten Indramayu, Jawa Barat, melalui industrt.co.id.

Jika tidak begitu masyarakat yang sudah menjadi warga digital ini akan berbeda kehidupannya dengan saat menjadi masyarakat Indonesia.

Jauh dari nilai-nilai Pancasila maka dari itu dari sekarang literasi media digital ini harus terus ditekankan hidup di dunia digital sama seperti saat menjadi masyarakat Indonesia yaitu memiliki nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bagaimana saling menghormati perbedaan dan kepercayaan di ruang digital seperti yang ada pada sila pertama. Memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi di ruang digital tidak membeda-bedakan. Mengutamakan kepentingan Indonesia di atas kepentingan pribadi atau golongan di ruang digital seperti sila ke-3 persatuan Indonesia. 

"Mengutamakan Indonesia inipun bisa diartikan ketika berada di ruang digital kita bangga akan kebudayaan Indonesia produk Indonesia dan bahasa Indonesia," tuturnya.

Memberi kesempatan setiap orang untuk bebas berekspresi dan berpendapat di ruang digital sesuai dengan sila keempat, yang nilai utamanya demokrasi.

" Terakhir, sila kelima nilai utamanya adalah gotong royong bersama-sama membangun ruang digital yang etis bagi setiap penggunanya agar ruang digital selalu nyaman menjadi tempat berjejaring dan berkarya," jelasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (18/10/2021) siang, juga menghadirkan pembicara, Febriyanti Kristiani (founder @vitaminmonster), Moh. Ali Fikri (Web Developer), Wiwi Herwiati (Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu), dan Clarisa Darwin sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dankomunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatanini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasidigital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orangterliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuatmasyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.