Sate Susu Sapi, Kuliner Khas yang Unik Cocok Untuk Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 31 Mei 2017 - 16:50 WIB

Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)
Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)

INDUSTRY.co.id, Bali - Selain keberagaman budaya, adat dan aneka ragam destinasi wisata, Indonesia memang terkenal akan kulinernya yang enak dan unik. Salah satunya yakni kuliner khas dari Bali, Sate Susu Sapi. Hmm.. mendengarnya saja sudah bingung, memang ada yang jual ya? Pasti ada kok, tepatnya di kampung Jawa jalan A.Yani Denpasar, Bali.

Makanan ini memang disajikan khusus saat Bulan Ramadhan, teksturnya dagingnya yang lembut, kenyal dan lezat ini memiliki aroma yang benar-benar menggugah selera. Sate ini memang menjadi salah satu ciri khas di Kampung Jawa atau Kampung Islam di Bali.

Menurut salah satu pengguna Instagram/madewedastra, mengungkapkan dalam postingannya, "Salah satu kuliner khas Ramadhan yang selalu ada waktu bulan puasa di Kampung Jawa dan selalu ramai dicari pembeli....sate susu sapi..eitss bukan susu sapi perah yang di bekukan atau difermentasikan ya...tapi kelenjar susu sapi yang dipakai sate."

Uniknya, bahan dasarnya memang berasal dari payudara sapi, dan ketika saat disantap tekstur kenyal sate susu begitu terasa di mulut, rasanya mirip seperti keju. Warga setempat meyakini sate susu sapi ini dapat memulihkan stamina juga.

Namun, sate susu sapi ini hanya ada pada Bulan Ramadhan saja, dan Anda dapat menemui di sepanjang Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Untuk mencicipi sate susu sapi ini, harganya sangat terjangkau untuk ukuran makanan langka ini.

"Dengan tambahan sambal yang sedikit pedas dan asam menambah rasa nikmat sate ini. Satu porsi isi 10 tusuk seharga Rp 20 ribu. Wajib di coba ini karena hanya ada waktu bulan puasa saja. Selamat berbuka bagi yang berpuasa," kutip madewedastra dalam akun Instagramnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.