Sate Susu Sapi, Kuliner Khas yang Unik Cocok Untuk Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 31 Mei 2017 - 16:50 WIB

Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)
Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)

INDUSTRY.co.id, Bali - Selain keberagaman budaya, adat dan aneka ragam destinasi wisata, Indonesia memang terkenal akan kulinernya yang enak dan unik. Salah satunya yakni kuliner khas dari Bali, Sate Susu Sapi. Hmm.. mendengarnya saja sudah bingung, memang ada yang jual ya? Pasti ada kok, tepatnya di kampung Jawa jalan A.Yani Denpasar, Bali.

Makanan ini memang disajikan khusus saat Bulan Ramadhan, teksturnya dagingnya yang lembut, kenyal dan lezat ini memiliki aroma yang benar-benar menggugah selera. Sate ini memang menjadi salah satu ciri khas di Kampung Jawa atau Kampung Islam di Bali.

Menurut salah satu pengguna Instagram/madewedastra, mengungkapkan dalam postingannya, "Salah satu kuliner khas Ramadhan yang selalu ada waktu bulan puasa di Kampung Jawa dan selalu ramai dicari pembeli....sate susu sapi..eitss bukan susu sapi perah yang di bekukan atau difermentasikan ya...tapi kelenjar susu sapi yang dipakai sate."

Uniknya, bahan dasarnya memang berasal dari payudara sapi, dan ketika saat disantap tekstur kenyal sate susu begitu terasa di mulut, rasanya mirip seperti keju. Warga setempat meyakini sate susu sapi ini dapat memulihkan stamina juga.

Namun, sate susu sapi ini hanya ada pada Bulan Ramadhan saja, dan Anda dapat menemui di sepanjang Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Untuk mencicipi sate susu sapi ini, harganya sangat terjangkau untuk ukuran makanan langka ini.

"Dengan tambahan sambal yang sedikit pedas dan asam menambah rasa nikmat sate ini. Satu porsi isi 10 tusuk seharga Rp 20 ribu. Wajib di coba ini karena hanya ada waktu bulan puasa saja. Selamat berbuka bagi yang berpuasa," kutip madewedastra dalam akun Instagramnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:45 WIB

Lindungi Industri Tekstil Nasional, API Segera Ajukan Safeguard

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat akan mengajukan tarif safeguard untuk produk tekstil impor sebesar 2,5%-18%. Pengajuan ini untuk melindungi produk tekstil dalam negeri…

Para finalis Miss Grand Indonesia dari 34 wilayah di Indonesia mengikuti pembekalan materi oleh Bupati Kabupaten Bogor di RM Bumi Aki Cibinong, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:27 WIB

Miss Grand Indonesia 2019 Dukung Program Pariwisata Kabupaten Bogor

Selain pembekalan materi seputar wanita dan karier dari Bupati Bogor, para finalis juga dibekali materi kepribadian yang di sampaikan oleh Ahmad Zulfikar Priyatna. S.E.

Agus Mulyana, Direktur Kepatuhan Bank bjb saat menerima penghargaan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:14 WIB

Bank bjb Raih Penghargaan TOP GRC 2019

Jakarta – Pengelolaan risiko yang baik menjadi salah satu kiat kunci yang harus dipraktikkan dalam setiap usaha bisnis. Peran manajemen risiko yang lebih banyak berada di balik layar ini tak…