4 Dampak Bahaya Lanjutan Kejahatan Siber

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 19 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)
Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

INDUSTRY.co.id - Hidup di era serba digital, membuat setiap individu harus lebih berhati-hati serta mewaspadai segala aktivitas di internet. Sebab ancaman siber yang ada di internet memiliki dampak bahaya dan potensi ancaman.

Terlebih yang berhubungan dengan tersebarnya data pribadi yang bisa dicuri atau disalahgunakan untuk kejahatan seperti penipuan hingga pembobolan akun bank. Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industyr.co.id mengungkapkan ada beberapa dampak lanjutan dari tersebarnya identitas pribadi di internet, antara lain:

1.Phising
Phising merupakan teknik penipuan memancing pengguna untuk diarahkan ke situs palsu untuk memasukan data-data seperti alamat email, tanggal lahir, nomor telepon, password, dan data penting lainnya. Untuk menghindarinya cek alamat situs, jika mencurigakan sebaiknya tinggalkan.

2.Disalahgunakan untuk Pinjol
Ada banyak kasus penyalahgunaan data dan menggunakannya untuk pinjaman online ilegal. Data seperti KTP dan foto Anda sedang memegang KTP yang tersebar bisa disalahgunakan karena itu berhati-hatilah.

3.Telemarketing
Kasus lainnya yang umum untuk data pribadi yang dicuri adalah disalahgunakan telemarketing dan menelepon langsung. Selain itu termasuk munculnya sms spam yang menawarkan pinjaman online. Sebaiknya blokir saja nomor tersebut agar kedepanny tidak menggangu lagi.

4.Pemalsuan Akun
Pelaku yang mengambil data pribadi, bisa saja mempergunakannya untuk membuatnya akun palsu. Kemudian beraktivitas seolah-olah akun valid dan mencari mangsa teman mauoun kerabat untuk penipuan maupun kejahatan. Modusnya biasanya pura-pura pinjam uang, minta ditransfer pulsa dan lain sebagainya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist, Irma Nawangwulan, Dosen di IULI, Nyimas Indriana, Food & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:16 WIB

Ungggul dalam Bioteknologi dan Riset Ilmiah, Assosiated Capsule Group India Tertarik Kerjasama dengan Nucleus Farma

Jakarta-PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) kembali membuktikan eksistensinya serta membuka peluang kerjasama dengan pihak nasional maupun internasional.

Ilustrasi Digital Nomad (Foto:blog.hubspot.com)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:15 WIB

Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Akhir Pembahasan

Visa digital nomad yang menjadi satu inovasi baru dalam merespons arus digitalisasi dan pola perilaku karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja secara jarak jauh atau remote worker telah mencapai…

Ilustrasi Gedung KPK

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:07 WIB

LSAK Dukung Kinerja Pemberantasan Korupsi KPK

Peneliti Lembaga Studi Antikorupsi (LSAK), Ili Sadeli mengatakan dorongan pencarian buron Harun Masiku kepada KPK lebih banyak unsur politisnya untuk mendongkel dan mendelegitimasi kinerja Firli…

Desa Wisata Taro Bali

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:06 WIB

Menilik Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Desa Wisata Award

Desa Wisata Taro merupakan desa tua di Bali yang kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lampau. Berada di kecamatan Tegallalang, Gianyar. Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Terletak…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:58 WIB

Konsensus Analis Prediksi Pendapatan SILO Tumbuh Tahun Ini , LPKR Terimbas Positif

Konsensus analis Bloomberg pada Jumat (24/6/2022) memprediksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) akan terus bertumbuh pada tahun ini meskipun pasien Covid-19 menurun. Bahkan,…