Wow! Lebih dari 7 Juta Pengguna Mengakses Aplikasi Traveloka Selama Periode EPIC Sale Berlangsung

Oleh : Kormen Barus | Senin, 18 Oktober 2021 - 08:43 WIB

Beijing, Tiongkok (Traveloka)
Beijing, Tiongkok (Traveloka)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Traveloka, lifestyle superapp di Asia Tenggara, sukses menggelar program promosi terbesar EPIC Sale kelima kalinya pada 5-11 Oktober 2021 dengan menggandeng sekitar 54.000 mitra di sektor pariwisata.

Traveloka mencatat peningkatan pemesanan lebih dari 1,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan EPIC Sale pada Maret 2021 lalu. Selama periode EPIC Sale, Traveloka menerima jumlah pengunjung aplikasi hingga lebih dari 7 juta pengguna. Hal ini menunjukkan Traveloka EPIC Sale mampu menciptakan permintaan pasar yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan bisnis para mitra. Traveloka EPIC Sale merupakan wujud nyata komitmen jangka panjang perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata domestik, termasuk selama pandemi sehingga perlahan-lahan mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Hadirnya Traveloka EPIC Sale ini memudahkan pengguna dalam merencanakan kebutuhan perjalanan dan gaya hidup melalui berbagai penawaran menarik dari para mitra untuk ragam solusi end-to-end terbaik. Selama program EPIC Sale berlangsung, produk Traveloka yang paling diminati adalah Eats Delivery, Akomodasi, dan Tiket Pesawat. Hal ini sejalan dengan kegiatan yang paling digemari pengguna yaitu staycation di wilayah Pulau Jawa, memesan makanan berat dan kudapan manis di area Jabodetabek, dan naik pesawat untuk weekend getaway di Bali dan Yogyakarta.

Albert, Co-Founder Traveloka mengatakan “Kami bersyukur Traveloka EPIC Sale kedua di tahun ini mampu mendorong optimisme industri pariwisata untuk perlahan-lahan bangkit dari pandemi. Terciptanya permintaan konsumen yang meningkat selama periode EPIC Sale memberikan angin segar bagi para mitra untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha mereka.

Sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan, Traveloka dan para mitra juga terus mendorong penerapan safe travel yang mengedepankan implementasi protokol kesehatan yang ketat,” Traveloka melihat kepercayaan masyarakat untuk melakukan safe travel meningkat seiring dengan kegiatan yang mereka pilih. Hal ini terlihat dari sekitar 11 ribu Traveloka Clean Partners mengalami peningkatan traffic dan penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan mitra lain selain Clean Partners.

Traveloka juga mencatat adanya peningkatan 2,4 kali lipat untuk pembelian asuransi perjalanan dibandingkan awal tahun 2021. Selain mengutamakan protokol kesehatan dalam perjalanan, Traveloka juga mencatat bahwa kegiatan di luar ruangan menjadi alternatif pengguna yang tercermin meningkatnya minat pengguna terhadap produk atraksi outdoors dan watersports hingga 15 kali lipat dibandingkan hari biasa sebelum periode EPIC Sale.

Destinasi perjalanan yang paling banyak dipilih masih berlokasi di Bali dan wilayah Pulau Jawa seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. Sebagian besar pengguna melakukan perjalanan untuk menikmati akhir pekan di luar domisili tinggal. Staycation masih menjadi kegiatan yang paling digemari dengan pilihan menginap di hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta, Bandung, dan Puncak, Bogor. Pemesanan tiket pesawat oleh pengguna juga mulai marak dengan tujuan weekend getaway ke Bali dan Yogyakarta. Road trip pun menjadi pilihan perjalanan lainnya bagi pengguna yang lebih suka menggunakan transportasi darat.

Traveloka EPIC Sale hadir dengan berbagai mekanisme untuk memfasilitasi mitra menjangkau lebih banyak pelanggan, serta memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidupnya yang terus berkembang. Dengan memanfaatkan kanal live stream untuk berbagi penawaran menarik dari para mitra, Traveloka EPIC Sale berhasil menggaet lebih dari 4 juta penonton Traveloka EPIC LIVE baik dari media sosial maupun aplikasi Traveloka. Untuk para mitra, Traveloka telah memfasilitasi sesi EPIC LIVE khusus yang memungkinkan sejumlah mitra untuk mempromosikan produk dan layanan mereka secara langsung melalui live streaming di aplikasi dan akun media sosial Traveloka.

Adanya EPIC LIVE khusus ini berhasil menarik animo para pengguna yang terlihat dari meningkatnya jumlah penonton hingga 3.7x (unique viewers) dibandingkan sesi live stream biasa sebelum periode EPIC Sale dan hal ini berkontribusi pada peningkatan traffic dan penjualan mitra yang berpartisipasi dalam EPIC LIVE sampai dengan 2 kali lipat.

Untuk para pengguna, Traveloka sudah mulai membangun antusiasme EPIC Sale sejak 29 September - 4 Oktober 2021 dengan mengadakan EPIC Referral. Mekanisme ini memungkinkan pengguna berkesempatan memenangkan kupon diskon harian. Ada sekitar 180.000 pengguna Traveloka mengikuti sesi ini dengan total lebih dari 70.000 jumlah tautan referral yang dibagikan dan total lebih dari 3 juta koin yang dikumpulkan seluruh pengguna.

Saat periode EPIC Sale pada 5-11 Oktober 2021, Traveloka menghadirkan beragam permainan berhadiah untuk menambah Traveloka Points dan kupon diskon para pengguna.

Permainan seperti Pick-A-Loka EPIC Sale Special dan Teka Teki Traveloka diakses lebih dari 350.000 pengguna dan lebih dari 200 juta Traveloka Points dibagikan. Traveloka juga memiliki EPIC Mission yang diikuti lebih dari 157.000 pengguna dan telah memberikan lebih dari 87.000 rewards.

“Sebagai wujud komitmen Traveloka dalam mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata domestik, kami berusaha untuk memastikan bahwa dukungan Traveloka kepada para mitra tidak berhenti pada periode EPIC Sale saja. Traveloka akan terus berinovasi menghasilkan inisiatif dan terobosan program lainnya yang bermanfaat bagi para mitra. Kami juga masih terus berkolaborasi dengan para mitra untuk memberikan layanan end-to-end terbaik dan relevan bagi para pengguna.” tutup Albert.

Traveloka adalah lifestyle superapp di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, gaya hidup, dan layanan keuangan. Portofolio komprehensif yang dimiliki oleh Traveloka termasuk pemesanan tiket untuk transportasi, seperti tiket pesawat, bus, kereta api, penyewaan mobil, airport transfer, serta inventaris akomodasi terbesar di Asia Tenggara, termasuk hotel, apartemen, guest house, homestay, resort, dan villa, menjadikan Traveloka sebagai platform pemesanan dengan pilihan akomodasi dan paket terlengkap.

Traveloka juga merupakan pemain utama di sektor gaya hidup yang menyajikan pemesanan untuk beragam tempat rekreasi dan kegiatan, konektivitas, serta direktori kuliner. Melalui produk Layanan Keuangan, Traveloka juga menawarkan solusi keuangan, pembayaran, dan asuransi untuk masyarakat underbanked guna membantu pengguna dalam mengatasi kendala keuangan dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup mereka, seperti PayLater, PayLater Credit Card serta produk asuransi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh. Traveloka memiliki layanan customer service yang tersedia 24/7 dalam bahasa lokal, serta kemudahan bertransaksi dengan lebih dari 40 metode pembayaran, online dan offline. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 60 juta kali, menjadikannya sebagai aplikasi pemesanan perjalanan paling populer di kawasan Asia Tenggara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.