Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)
Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari bahwa anak tidak dalam kendali kita.

“Kita harus kendalikan diri kita sendiri. Dalam hal memberikan ajaran internet kepada anak, kita yang harus tahu bagaimana caranya supaya anak mau mendengar apa yang diajarkan, yaitu dengan memahami dan mengerti anak dengan baik,” ungkap Idayanti dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Antara orangtua dan anak, hubungan yang dijalin merupakan hubungan berkualitas dan penuh kasih sayang. Anak tidak akan merasa nyaman ketika kita mengajarkannya tanpa kasih sayang. Ia mengatakan, hubungan yang berkualitas ini berkaitan dengan waktu. Jadi, seberapa lama orangtua meluangkan waktu dan memberikan perhatian kepada anak. Ketika hubungan kita dan anak berkualitas, anak akan mendengarkan setiap perkataan orangtua.

Karena ingin mengedukasi perihal internet, orangtua harus melek internet. Orangtua perlu memahami adanya parental control, situs yang boleh diakses dan tidak, dan lainnya. Menurut Idayanti, orangtua diperbolehkan memeriksa gadget anak sesekali untuk memastikan apa yang diakses, diunduh, dan ditonton oleh anak.

“Komunikasi sambil mengedukasi anak. Hanya melarang tanpa komunikasi yang baik dan alasan yang jelas membuat anak tidak mau mendengarkannya,” tuturnya.

Orangtua harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang ‘teman’ bagi anak. Tujuannya agar anak tidak takut untuk mengomunikasikan apapun kepada orangtua. Anak akan lebih mudah bercerita mengenai apa yang diaksesnya di internet hingga masalah saat berinternet. Dari orangtua pun, kita bisa memberi pengetahuan dan pengertian anak terkait dampak internet bagi kesehatan, cara bersosialisasi, kejahatan dunia maya, dan sebagainya.

Lalu, orangtua menjadi anutan bagi anak. Apapun yang diberitahukan kepada anak, sebaiknya orangtua melakukannya lebih dulu. Contohnya, terdapat aturan untuk tidak menggunakan atau memainkan gadget saat makan, maka orang tua tidak boleh melakukan hal tersebut di ruang makan. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Esa Firmansyah (Kepala LPPM Fakultas Teknologi Informasi UNSAP), Pipit Djatma (Fundraiser Consultant & Psychosocial Activist IBU Foundation), Syarief Hidayatulloh (Digital Strategist Hello Monday Morning), dan Riri Damayanti(Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…