Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)
Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari bahwa anak tidak dalam kendali kita.

“Kita harus kendalikan diri kita sendiri. Dalam hal memberikan ajaran internet kepada anak, kita yang harus tahu bagaimana caranya supaya anak mau mendengar apa yang diajarkan, yaitu dengan memahami dan mengerti anak dengan baik,” ungkap Idayanti dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Antara orangtua dan anak, hubungan yang dijalin merupakan hubungan berkualitas dan penuh kasih sayang. Anak tidak akan merasa nyaman ketika kita mengajarkannya tanpa kasih sayang. Ia mengatakan, hubungan yang berkualitas ini berkaitan dengan waktu. Jadi, seberapa lama orangtua meluangkan waktu dan memberikan perhatian kepada anak. Ketika hubungan kita dan anak berkualitas, anak akan mendengarkan setiap perkataan orangtua.

Karena ingin mengedukasi perihal internet, orangtua harus melek internet. Orangtua perlu memahami adanya parental control, situs yang boleh diakses dan tidak, dan lainnya. Menurut Idayanti, orangtua diperbolehkan memeriksa gadget anak sesekali untuk memastikan apa yang diakses, diunduh, dan ditonton oleh anak.

“Komunikasi sambil mengedukasi anak. Hanya melarang tanpa komunikasi yang baik dan alasan yang jelas membuat anak tidak mau mendengarkannya,” tuturnya.

Orangtua harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang ‘teman’ bagi anak. Tujuannya agar anak tidak takut untuk mengomunikasikan apapun kepada orangtua. Anak akan lebih mudah bercerita mengenai apa yang diaksesnya di internet hingga masalah saat berinternet. Dari orangtua pun, kita bisa memberi pengetahuan dan pengertian anak terkait dampak internet bagi kesehatan, cara bersosialisasi, kejahatan dunia maya, dan sebagainya.

Lalu, orangtua menjadi anutan bagi anak. Apapun yang diberitahukan kepada anak, sebaiknya orangtua melakukannya lebih dulu. Contohnya, terdapat aturan untuk tidak menggunakan atau memainkan gadget saat makan, maka orang tua tidak boleh melakukan hal tersebut di ruang makan. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Esa Firmansyah (Kepala LPPM Fakultas Teknologi Informasi UNSAP), Pipit Djatma (Fundraiser Consultant & Psychosocial Activist IBU Foundation), Syarief Hidayatulloh (Digital Strategist Hello Monday Morning), dan Riri Damayanti(Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…