Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sebagian orang menganggap adanya media sosial memberikan beberapa dampak, baik itu positif maupun negatif. Terlebih di era pandemi.

“Seklias media sosial memberikan kemudahan dan manfaat yang baik bagi masyarakat. Hanya saja di sisi lain ada pula dampak negatifnya yang muncul,” tutur Aloysius Wemby seorang Risk Management Consultant dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Karena itu, sebelum bermedia sosial kita harus memahami terlebih dahulu dampak-dampaknya, agar bisa lebih cakap dan bijak dalam menggunakannya.

Wemby memaparkan, dampak positif media sosial bagi para penggunanya akan memudahkan berkomunikasi bahkan antar negara, memudahkan pencarian informasi, membangun personal branding, sarana berbisnis dan pembelajaran. Selain dampak positif, dampak negatifnya semua aktivitas kita tidak lepas dari gadget dan berakhir menyebabkan kecanduan.

Untuk menekan penggunaan media sosial agar lebih berdampak positif, kita sebagai pengguna bisa memanfaatkannya secara produktif dan kreatif. Ia menyampaikan, memulainya pun bisa dilakukan dengan mengikuti tokoh yang menginsporasi, membangun jaringan/komunitas yang baik, berpikir out of the box, serta mencontoh orang-orang yang telah sukses berkiprah di media sosial.

“Kita memanfaatkan media sosial dengan seperlunya, bukan sedikit-sedikit pakai media sosial. Kalau kita bisa memanfaatkan secara produktif dan kreatif, kita bisa membuat perubahan yang positif juga,” jelasnya.

Setelah menggunakan internet dengan produktif dan kreatif, upaya yang bisa kita terapkan agar tidak terjebak kecanduan. Dalam paparan Wemby, upaya tersebut ialah dengan memaksimalkan waktu bersama lingkungan sekitar, mengedepankan aktivitas fisik, dan perbanyak sosialisasi di kehidupan nyata.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Pipit Djatma (Fundraiser Consultant & Psychosocial Activist IBU Foundation), Shandy Susanto (Dosen Universitas Agung Podomoro), Mardiana R.L (Vice Principal in Kinderhouse Pre School), dan Nyimas Indriana (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dan Pendeta Ibu Christina Mawen

Senin, 06 Desember 2021 - 03:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Terima Kunjungan GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima kunjungan kerja dan audiensi dari Pendeta Ibu Christina Mawena, S.Th Jemaat GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani,…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…