5 Aturan Bermedia Sosial yang Produktif dan Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:40 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Studi Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft, menyebutkan Netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Survei tersebut juga mengatakan beberapa hal yang mengidentifikasi menjadi ancaman media sosial di Indonesia yaitu 47 persen terkait hoaks dan penipuan, 27 persen ujaran kebencian, dan 13 persen untuk diskriminasi.

“Berinteraksi dan berkolaborasi di ruang digital haruslah sesuai etika,” kata Irma Nawangwulan seorang Dosen di IULI, saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia pun memberikan beberapa aturan untuk berinteraksi dan berkolaborasi sesuai etik di ruang digital, antara lain:

1.Bahasa yang sopan: setiap orang harus tahu kepada siapa dia berkolaborasi. Gunakan bahasa sopan kepada siapa pun yang mengajak untuk berkolaborasi.

2. Bijak dalam menyebarkan informasi: jangan asal menyebarkan informasi, namun saring sebelum sharing ibarat minum kopi.

3. Buat konten daripada komen: dari pada hanya sebagai penonton, sebaiknya ikutlah mulai produktif dengan membuat konten positif dan bermanfaat untuk audiens.

4. Belajar menghargai orang lain: setiap pengguna di internet juga manusia seperti di kehidupan nyata yang memiliki perasaan. Hargai juga karya orang lain dengan mencantumkan sumber jika mengutip sesuatu atau menggunakan gambar/foto orang lain. Sebab bila ketahuan menjiplak karya orang lain maka reputasi akan terancam.

5. Bertanya pada diri sendiri: apakah isi konte nmaupun sesuatu yang akan dibagikan termasuk positif? Lalu siapa saja yang diijinkan untuk melihatnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakanolehKementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Intan Maharani, COO PositiVibe, NandyaSatyaguna, seorang Medical Doctor dan Nimas Pertiwi, seorang Model.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…