5 Aturan Bermedia Sosial yang Produktif dan Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:40 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Studi Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft, menyebutkan Netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Survei tersebut juga mengatakan beberapa hal yang mengidentifikasi menjadi ancaman media sosial di Indonesia yaitu 47 persen terkait hoaks dan penipuan, 27 persen ujaran kebencian, dan 13 persen untuk diskriminasi.

“Berinteraksi dan berkolaborasi di ruang digital haruslah sesuai etika,” kata Irma Nawangwulan seorang Dosen di IULI, saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia pun memberikan beberapa aturan untuk berinteraksi dan berkolaborasi sesuai etik di ruang digital, antara lain:

1.Bahasa yang sopan: setiap orang harus tahu kepada siapa dia berkolaborasi. Gunakan bahasa sopan kepada siapa pun yang mengajak untuk berkolaborasi.

2. Bijak dalam menyebarkan informasi: jangan asal menyebarkan informasi, namun saring sebelum sharing ibarat minum kopi.

3. Buat konten daripada komen: dari pada hanya sebagai penonton, sebaiknya ikutlah mulai produktif dengan membuat konten positif dan bermanfaat untuk audiens.

4. Belajar menghargai orang lain: setiap pengguna di internet juga manusia seperti di kehidupan nyata yang memiliki perasaan. Hargai juga karya orang lain dengan mencantumkan sumber jika mengutip sesuatu atau menggunakan gambar/foto orang lain. Sebab bila ketahuan menjiplak karya orang lain maka reputasi akan terancam.

5. Bertanya pada diri sendiri: apakah isi konte nmaupun sesuatu yang akan dibagikan termasuk positif? Lalu siapa saja yang diijinkan untuk melihatnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakanolehKementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Intan Maharani, COO PositiVibe, NandyaSatyaguna, seorang Medical Doctor dan Nimas Pertiwi, seorang Model.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dan Pendeta Ibu Christina Mawen

Senin, 06 Desember 2021 - 03:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Terima Kunjungan GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima kunjungan kerja dan audiensi dari Pendeta Ibu Christina Mawena, S.Th Jemaat GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani,…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…