Era Kolaborasi, Manfaatkan Jejaring Internet untuk Berkembang ke Arah Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:05 WIB

Ilustrasi Bijak Berinternet (Ist)
Ilustrasi Bijak Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat ini hanya dengan gawai semua bias dilakukan, perubahan hidup bergeser dari manual ke sistem digital. Bukan hanyad alam berkomunikasi, bahkan untuk keperluan konsultasi ke dokter saja kini dapat dilakukan lewat telemedicine yang resep maupun obatnya bias dikirim lewat pemesanan online di aplikasi.

"Bahkan kalau temen-temen ke pasar, mereka tidak menggunakan pembayaran uang tunai lagi. Disarankan melalui Ovoa tau GoPay. Bahkan untuk membayar hanya perlu scan barecode," kata Irma Nawangwulan, Dosen IULI saat webinar Literasi Digital wilayah  Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Saat ini 61 persen lebih penduduk Indonesia telah menggunakan internet, dengan durasi rata-rata 8 jam per hari dan 3 jam 26 menit yang dipakai masyarakat untuk media sosial. 

Sebagian besar penduduk saat ini merupakan generasi milenial yang menggunakan internet 4 hingga 6 jam per hari. Data tersebut menurutnya bisa digunakan sebagai peluang untuk memanfaatkan internet lebih baik lagi, misalnya mempromosikan bisnis.

Namun, dia mengingatkan dampak negatif dari internet yang bias menyebabkan kecanduan dan perubahan suasana hati sehingga jangan sampai internet justru menggerogoti kesehatan mental. 

"Tentunya akan lebih baik jika internet dan media social dipergunakan untuk sesuatu yang positif misalnya kolaborasi menghasilkan suatu karya maupun bekerjasama akan suatu hal bermanfaat," tambah Irma.

Lebih lanjut kolaborasi memiliki keuntungan seperti membuat belajar hal baru, membangun jaringan, meningkatkan reputasi bisnis, lebih mudah mendengarkan respons konsumen dan pelanggan, serta memberikan perubahan yang positif. 

"Salah satu contoh kolaborasi di era digital saat ini adalah saat Gojek bekerjasama denganTokopedia menjadi GoTo sehingga mereka semakin lebih besar lagi," bebernya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Intan Maharani, COO PositiVibe, Nandya Satyaguna, seorang Medical Doctor danNyimas Indriana, Food & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race

Senin, 27 Juni 2022 - 04:00 WIB

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race Danpussenarhanud Cup 2022

Kegembiraan pasca pandemi Covid-19 begitu dirasakan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Cimahi dan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari antusias sangat tinggi masyarakat dan para atlet…

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.