5 Tips ala Mona Ratuliu Memiliki Waktu Berkualitas Bersama Anak di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:35 WIB

Mona Ratuliu Saat Mendampingi Anaknya Belajar Online (Instagram/monaratuliu)
Mona Ratuliu Saat Mendampingi Anaknya Belajar Online (Instagram/monaratuliu)

INDUSTRY.co.id - Internet sudah menjadi keseharian masyarakat, sejak pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak. Sehingga anak-anak harus sekolah online dan akhirnya sering mengakses internet yang tak hanya memiliki manfaat positif saja tapi juga dampak negatif.

“Anak-anak perlu didampingi saat memakai internet untuk menghindari dampak negatif yang tidak diinginkan,” kata Mona Ratuliu Founder Parenthink saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia pun mengajak para orangtua untuk memiliki waktu berkualitas dengan trik satu jam cerdas bersama anak saat membuat kesepakatan tentang penggunaan internet. Antara lain:

1.Orangtua harus mau mendengarkan anak terlebih dulu, dengan cerita pengalaman anak saat memakai internet. Selama 15 menit, tanyakan apakah anak pernah mengalami cyberbullying, hal apa yang menurut mereka menarik di internet.

2.Selama 10 menit orangtua bisa memberikan pandangan terhadap apa yang dialami oleh anak.

3.Selanjutnya orangtua dan anak saling berbagi pengalaman selama 10 menit terkait aktivitasnya hal baik dan buruk di internet. Orangtua bisa berbagi pengalaman yang dialami orang lain di mana internet juga memiliki ancaman kejahatan dari orang tidak dikenal seperti predator anak.

4.Dalam 20 menit orangtua dan anak bisa sama-sama membuat kesepakatan terkait penggunaan internet. Kapan waktu bebas dari gawai dan aturan berapa lama mengakses internet dalam sehari.

5.Terakhir, selama 5 menit orangtua bisa gunakan untuk merefleksikan diri dan merencanakan aksi mengenai hal-hal yang sudah disepakati bersama.  

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Cyntia Jasmine, Founder GIFU, Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist dan Andi S, seorang Medical Doctor & Health Educator.   

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:15 WIB

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak Dominasi Peroleh Medali Ajang Lomba Menembak

Perhelatan lomba menembak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Armada RI ke 76 yang di gelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak tengah berlangsung di Lapangan…