Etika Bermedia Sosial, Salah Satunya Menghargai Keberadaan Orang Lain di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:35 WIB

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)
Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)

INDUSTRY.co.id - Hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet, orang-orang berkomunikasi di media digital seperti halnya di kehidupan nyata. Namun internet hadir bagai pisau bermata dua, di satu sisi memberikan manfaat namun di sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

“Tanpa disadari sekarang ini kita lebih banyak memakai internet dalam berkomunikasi sejak pandemi, apakah di media sosial seperti What’sApp, Facebook, Instagram, TikTok, dan email dibanding komunikasi secara langsung. Sebab cara tersebut terbilang cukup efektif dan efisien,” kata Jamil Munawir, Staff Pengajar SMPIT Al-Kahfi saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan, ada tiga prinsip saat menggunakan media sosial antara lain tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, serta tidak melanggar hukum. Beberapa contoh hal yang bisa merugikan diri sendiri adalah berkeluh kesah tentang hidup, membuka aib sendiri maupun keluarga, mengunggah konten kekerasan, serta mengunggah kabar atau berita yang belum jelas kebenarannya. Semua terjadi karena spontanitas, amarah, dan tanpa pikir panjang.

Internet tampak sebagai sebuah dunia baru yang tak terbatas pada ruang, bahkan wilayah negara. Namun perbedaan geografis dan kebudayaan memungkinkan manusia saling bersinggungan sehingga etik sangatlah diperlukan. Bukan hanya itu, bisa jadi unggahan kita di media sosial ternyata merugikan orang lain. Contohnya saat mengupload konten orang lain tanpa izin dan mengutip sesuatu tanpa menyebut sumber asli. Dari sisi etika hal tersebut bisa membuat orang lain tersinggung karena karyanya dipakai tanpa izin.

“Menghargai hak cipta dengan menyebutkan sumber, hak cipta ini bisa berupa hasil lukisan, gambar, lagu, dan video. Mencantumkan sumber ini menjadi cara beretika menghargai karya orang lain,” jelasnya.

Etika selanjutnya terkait dengan pelanggaran hukum, misalnya terkait pornografi, cyberbullying, ujaran kebencian, hingga menyebarkan hoaks yang bisa merugikan lingkungan secara luas bahkan memecah belah bangsa. Terkait unggahan di media sosial yang melanggar hukum, secara jelas diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Aldiyar, Instruktur Edukasi4ID, Tuti Alawiyah, Guru Motivator Literasi Indonesia, Eddy P. Purnomo, Digital Business Project Manager OCBC NISP, dan Ayu Imada, seorang Blogger dan Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Senin, 06 Desember 2021 - 07:00 WIB

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Susun (Rusun)…

Gedung Antam

Senin, 06 Desember 2021 - 06:09 WIB

Antam Capai Laba Tahun Berjalan Sebesar Rp 1,71 Triliun

PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM menunjukkan kinerja positif. Ini terlihat dari capaian laba yang dihasilkan perusahaan pelat merah tersebut sepanjang periode sembilan bulan pertama tahun 2021…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Senin, 06 Desember 2021 - 06:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Beri Arahan Kepada Perwira Remaja

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A memberikan pengarahan kepada para Perwira Remaja Abituren Akademi Militer (Akmil) yang akan bertugas di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,…