Adaptasi ke Arah Digital Membutuhkan Keterbukaan Cara Pandang Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi sebagai perubahan kehidupan masyarakat dari semula yang bersifat tradisional menjadi digital berlangsung lebih cepat sejak pandemi Covid-19. Dengan hal itu, masyarakat pun dituntut untuk beradaptasi dan membuka pola pikirnya dalam menerima perubahan.

“Mindset masyarakat kita terhadap sebuah perubahan harus diterus latih. Karena polanya semua menuju ke arah digitalisasi,” ujar Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Akan tetapi, semua hal yang mengarah pada digitalisasi tetap harus memerhatikan sisi manusia sebagai makhluk yang memiliki rasa dan karsa. Manusia akan tepat membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya meski di ranah digital, sebab manusia merupakan makhluk sosial. Saat sekarang manusia lebih banyak ada di rumah pun, interaksi tetap ada interaksi namun dalam pola berbeda. Berkaitan dengan transformasi digital tersebut hal ini terjadi saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. 

“Bahwa pengguna media sosial juga manusian yang dapat terluka dengan ucapan orang lain di media sosial,” katanya.

Bahkan etika di ruang digital dalam mengunggah pesan dan mengomentari sesuatu bakal memengaruhi relasi dengan manusia lainnya. Karena di ruang digital setiap orang tetap berhubungan dengan manusia, bukan layar ponsel. Begitu juga akan menjadi cemas saat membaca hoax, sehingga setiap individu mesti mengetahui bahwa interaksi sosial juga mengalami transformasi. 

Hal tersebut terjadi pada bidang pekerjaan yang perlu mengalami adaptasi bekerja dan meeting di rumah. Mindset pengguna harus berubah, bukan hanya semuanya harus digitalisasi tapi juga secara personal budaya inilah yang harus dibangun.

Webinar Literasi Digital di Ciamis, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Daniel Hermansyah, CEO of Kopi Chuseyo, Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi di Universitas Buddhi Dharma, serta Tabitha Purba, seorang Dokter Gigi dan Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…