Adaptasi ke Arah Digital Membutuhkan Keterbukaan Cara Pandang Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi sebagai perubahan kehidupan masyarakat dari semula yang bersifat tradisional menjadi digital berlangsung lebih cepat sejak pandemi Covid-19. Dengan hal itu, masyarakat pun dituntut untuk beradaptasi dan membuka pola pikirnya dalam menerima perubahan.

“Mindset masyarakat kita terhadap sebuah perubahan harus diterus latih. Karena polanya semua menuju ke arah digitalisasi,” ujar Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Akan tetapi, semua hal yang mengarah pada digitalisasi tetap harus memerhatikan sisi manusia sebagai makhluk yang memiliki rasa dan karsa. Manusia akan tepat membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya meski di ranah digital, sebab manusia merupakan makhluk sosial. Saat sekarang manusia lebih banyak ada di rumah pun, interaksi tetap ada interaksi namun dalam pola berbeda. Berkaitan dengan transformasi digital tersebut hal ini terjadi saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. 

“Bahwa pengguna media sosial juga manusian yang dapat terluka dengan ucapan orang lain di media sosial,” katanya.

Bahkan etika di ruang digital dalam mengunggah pesan dan mengomentari sesuatu bakal memengaruhi relasi dengan manusia lainnya. Karena di ruang digital setiap orang tetap berhubungan dengan manusia, bukan layar ponsel. Begitu juga akan menjadi cemas saat membaca hoax, sehingga setiap individu mesti mengetahui bahwa interaksi sosial juga mengalami transformasi. 

Hal tersebut terjadi pada bidang pekerjaan yang perlu mengalami adaptasi bekerja dan meeting di rumah. Mindset pengguna harus berubah, bukan hanya semuanya harus digitalisasi tapi juga secara personal budaya inilah yang harus dibangun.

Webinar Literasi Digital di Ciamis, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Daniel Hermansyah, CEO of Kopi Chuseyo, Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi di Universitas Buddhi Dharma, serta Tabitha Purba, seorang Dokter Gigi dan Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…