Simpan Banyak Kekayaan Laut, Kapolda NTT Perintahkan Tindak Tegas Pengguna Bom Ikan

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 17:19 WIB

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Lotharia Latif
Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Lotharia Latif

INDUSTRY.co.id, Kupang-Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Lotharia Latif memerintahkan jajaran, khususnya di wilayah Polres Manggarai Barat yang merupakan kawasan wisata untuk menindak tegas para pelaku penangkapan ikan yang menggunakan bom ikan.

"Nusa Tenggara Timur ini sebagai tujuan destinasi wisata menyimpan banyak kekayaan laut dengan berbagai spesis ikan dan terumbu karang. Para wisatawan tidak hanya menikmati indahnya suasana pantai tetapi keindahan habitat di dalam perairan. Sayang jika keindahan di bawah laut itu dirusak, oleh karena itu para ilegal fishing harus ditindak tegas," tegas Kapolda NTT.

Kapolda NTT mengatakan, kegiatan penangkapan ikan secara ilegal menggunakan alat yang tak ramah lingkungan dapat menyebabkan kerugian besar, terutama terhadap kelestarian ekosistem perairan yang ada. Untuk itu, Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda NTT, akan berupaya terus untuk menjaga laut dari ancaman "destructive fishing" dengan melaksanakan Operasi "Illegal Fishing" dalam waktu dekat.

"Kita sudah jadwalkan waktunya akan digelar Operasi "Illegal Fishing" di perairan NTT ini secara besar-besaran, tidak hanya di kawasan wisata di Labuan Bajo saja, tetapi di seluruh NTT," ungkap Kapolda NTT.

Kapolda NTT mengatakan, bahwa kasus terakhir di Manggarai Barat menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum paham soal menjaga laut dan isinya. "Untuk kejadian di Manggarai Barat yang merupakan kawasan wisata, Polres setempat sudah menangkap para pelaku dan pasti akan ditindak tegas," ungkap Kapolda NTT.

Kapolda mengapresiasi masyarakat di Manggarai Barat yang tidak menggunakan bom untuk mencari ikan. Namun para para pelaku malah berasal dari Bima, NTB. Kapolda berharap adanya kerja sama dan proaktif dari masyarakat untuk melakukan pengawasan bersama dan apabila melihat kejadian tersebut agar dilaporkan kepada aparat kepolisian maupun instansi terkait lainnya guna meminimalisir kejadian tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…