Menciptakan Budaya Kreatif dan Produktif dengan Berbagi Hal Positif di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)
Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Hal yang pertama kali terpikirkan saat mengdengar kata budaya adalah tari tradisional, hasil kesenian, rumah adat. Namun ternyata hal tadi merupakan adat yang berbeda dengan budaya sebagai pola cara hidup yang terus berkembang oleh sekelompok orang dan diturunkan ke generasi berikutnya.

“Sehingga budaya sebenarnya lebih luas mengenai pola, gaya yang menjadi kebiasaan hidup, misalnya sekarang budaya menggunakan gawai itu sudah masuk budaya sekarang,” ujar Andry Hamida, Head of Visual Brand Hello Monday Morning saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan budaya kreatif dan produktif di era internet sekarang perlu menjadi gagasan yang dibangun setiap orang. Sebab jangan sampai aktivitas berinternet ternyata tidak memberikan manfaat apapun. 

Apalagi dengan pertumbuhan pengguna internet selama pandemi yang mencapai 15,5 persen atau 27 juta pengguna baru, kini total pengguna internet sudah 202,6 juta. Potensi internet dan perkembangan dunia digital diramalkan bakal makin maju sehingga setiap individup perlu memanfaatkannya sebagai ruang kreatif dan produktif.

“Luar biasa perkembangan dunia digital ini jika tidak mengikuti kita pasti bakal ketinggalan,” katanya lagi.

Selain itu siapa saja yang kreatif dan produktif di dunia digital akan mendapatkan peluang tanpa batas. Bahkan menurutnya Indonesia bisa menjadi maju dengan budaya kreatif dan produktif. 

Budaya tersebut bisa tercipta melalui proses belajar dari lingkungan dan karena pengaruh pola pikir yang kemudian melekat pada manusia. Dia pun mencontohkan budaya produktif di era internet ini seperti dalam membagikan unggahan positif dan bermanfaat bagi lingkungan di media sosial pribadi.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Imas Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Inne Nathalia, Dosen Komunikasi dan Humas, Fiona Damanik, seorang Konseler dan Psikolog, serta Made Nandhika, Abang None Jakarta 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…