Menciptakan Budaya Kreatif dan Produktif dengan Berbagi Hal Positif di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)
Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Hal yang pertama kali terpikirkan saat mengdengar kata budaya adalah tari tradisional, hasil kesenian, rumah adat. Namun ternyata hal tadi merupakan adat yang berbeda dengan budaya sebagai pola cara hidup yang terus berkembang oleh sekelompok orang dan diturunkan ke generasi berikutnya.

“Sehingga budaya sebenarnya lebih luas mengenai pola, gaya yang menjadi kebiasaan hidup, misalnya sekarang budaya menggunakan gawai itu sudah masuk budaya sekarang,” ujar Andry Hamida, Head of Visual Brand Hello Monday Morning saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan budaya kreatif dan produktif di era internet sekarang perlu menjadi gagasan yang dibangun setiap orang. Sebab jangan sampai aktivitas berinternet ternyata tidak memberikan manfaat apapun. 

Apalagi dengan pertumbuhan pengguna internet selama pandemi yang mencapai 15,5 persen atau 27 juta pengguna baru, kini total pengguna internet sudah 202,6 juta. Potensi internet dan perkembangan dunia digital diramalkan bakal makin maju sehingga setiap individup perlu memanfaatkannya sebagai ruang kreatif dan produktif.

“Luar biasa perkembangan dunia digital ini jika tidak mengikuti kita pasti bakal ketinggalan,” katanya lagi.

Selain itu siapa saja yang kreatif dan produktif di dunia digital akan mendapatkan peluang tanpa batas. Bahkan menurutnya Indonesia bisa menjadi maju dengan budaya kreatif dan produktif. 

Budaya tersebut bisa tercipta melalui proses belajar dari lingkungan dan karena pengaruh pola pikir yang kemudian melekat pada manusia. Dia pun mencontohkan budaya produktif di era internet ini seperti dalam membagikan unggahan positif dan bermanfaat bagi lingkungan di media sosial pribadi.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Imas Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Inne Nathalia, Dosen Komunikasi dan Humas, Fiona Damanik, seorang Konseler dan Psikolog, serta Made Nandhika, Abang None Jakarta 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race

Senin, 27 Juni 2022 - 04:00 WIB

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race Danpussenarhanud Cup 2022

Kegembiraan pasca pandemi Covid-19 begitu dirasakan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Cimahi dan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari antusias sangat tinggi masyarakat dan para atlet…