Dampak Jejak Digital dari Aktivitas Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 14:05 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dewasa ini, mulai dari bangun tidur setiap orang memikiki kebiasaan untuk terus terkoneksi dengan internet. Tanpa disadari biasanya aktivitas kita di online seperti melalukan chat, melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain, dan internet yang digunakan untuk mengakses musik.

Dengan segala aktivitas online, pengguna internet pasti akan meninggalkan jejak digital, di mana semua informasi yang dibagikan di internet dapat memengaruhi reputasi dan bagaimana orang lain memperlakukan seseorang. 

"Aktivitas di internet akan berdampak juga di dunia nyata dan meninggalkan jejak digital," ujar Dasep P Hidayatullah, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Dia mengatakan jejak digital di internet ada yang aktif dan pasif, untuk jejak digital pasif biasanya ditinggalkan tanpa disengaja oleh pengguna internet saat berselancar di dunia maya misalnya ketika mengunjungi situs tertentu. Adapun jejak digital aktif merupakan informasi yang diunggah secara sengaja oleh seseorang di dunia maya. 

"Seperti unggahan di blog, komentar status teman di media sosial, dan website. Jejak digital memiliki dua sisi yang bisa disalahgunakan seperti mempublikasikan informasi pribadi yang mengarah kepada penindasan, menerbitkan informasi yang merusak reputasi seperti kehilangan pekerjaan," jelasnya.

Selanjutnya jejak digital yang dimanfaatkan, misalnya oleh pihak kepolisian jika ada pelaporan tertentu. Karena itu sangat penting agar setiap orang memahami untuk membuat jejak digital positif, misalnya dengan membuat catatan karya atau prestasi dari berbagai platform digital yang ada.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dudi Jaelani, Ketua MKKS SMP Kota Sukabumi, Nuraeni, Analis Kebutuhan Guru dan Tenaga Pendidikan, Fadhln Fadhilah, Pendamping Guru Penggerak Kemendikbudristek, serta Manda Utoyo, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:15 WIB

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak Dominasi Peroleh Medali Ajang Lomba Menembak

Perhelatan lomba menembak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Armada RI ke 76 yang di gelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak tengah berlangsung di Lapangan…