Dampak Jejak Digital dari Aktivitas Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 14:05 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dewasa ini, mulai dari bangun tidur setiap orang memikiki kebiasaan untuk terus terkoneksi dengan internet. Tanpa disadari biasanya aktivitas kita di online seperti melalukan chat, melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain, dan internet yang digunakan untuk mengakses musik.

Dengan segala aktivitas online, pengguna internet pasti akan meninggalkan jejak digital, di mana semua informasi yang dibagikan di internet dapat memengaruhi reputasi dan bagaimana orang lain memperlakukan seseorang. 

"Aktivitas di internet akan berdampak juga di dunia nyata dan meninggalkan jejak digital," ujar Dasep P Hidayatullah, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Dia mengatakan jejak digital di internet ada yang aktif dan pasif, untuk jejak digital pasif biasanya ditinggalkan tanpa disengaja oleh pengguna internet saat berselancar di dunia maya misalnya ketika mengunjungi situs tertentu. Adapun jejak digital aktif merupakan informasi yang diunggah secara sengaja oleh seseorang di dunia maya. 

"Seperti unggahan di blog, komentar status teman di media sosial, dan website. Jejak digital memiliki dua sisi yang bisa disalahgunakan seperti mempublikasikan informasi pribadi yang mengarah kepada penindasan, menerbitkan informasi yang merusak reputasi seperti kehilangan pekerjaan," jelasnya.

Selanjutnya jejak digital yang dimanfaatkan, misalnya oleh pihak kepolisian jika ada pelaporan tertentu. Karena itu sangat penting agar setiap orang memahami untuk membuat jejak digital positif, misalnya dengan membuat catatan karya atau prestasi dari berbagai platform digital yang ada.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dudi Jaelani, Ketua MKKS SMP Kota Sukabumi, Nuraeni, Analis Kebutuhan Guru dan Tenaga Pendidikan, Fadhln Fadhilah, Pendamping Guru Penggerak Kemendikbudristek, serta Manda Utoyo, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…