Di Era Industri 4.0, Jadilah Masyarakat yang Berbudaya Digital Kreatif dan Produktif

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 12:55 WIB

Ilustrasi Bijak Berinternet (Ist)
Ilustrasi Bijak Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Koentjaraningrat dalam buku Pengantar Antropologi mengatakan Kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat dengan belajar. Sifat kebudayaan sendiri didapat dari belajar, menjadi milik bersama, terbentuk sebagai pola, bersifat dinamis dan adaptif.

"Kita sudah masuk ke era baru digital indutri 4.0, Heracletos filsuf Yunani menyebut tidak ada yang bisa bertahan kecuali perubahan itu sendiri sebab perubahan sifatnya mutlak sehingga yang harus kita lakukan bersahabat dengan perubahan bukan menolak atau melawan perubahan," kata Maria Natasya, Internal Communication Strategic Planner CIMB Niaga saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan, di era industri 4.0 ini semua orang bisa berbudaya kreatif dan produktif. Tanpa batas usia, tanpa hambatan biaya, tanpa pengaruh ruang dan waktu, tanpa alasan dan tanpa berhenti. 

Kunci utamanya menurutnya adalah budayakan melatih pola pikir mau mencoba, mau berusaha, dan mau bisa. Tak ada halangan individu untuk bisa produktif, sebab caranya hanya menciptakan manfaat, peka pada efisiensi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Asal tidak sibuk di media sosial pada hal yang tidak memberikan manfaat karena setiap orang pun bisa menghasilkan uang dengan waktu dan kebebasan dari internet.

"Coba kita renungkan apakah yang kita lakukan memiliki nilai tambah atau nggak," ujarnya lagi.

Dia pun mengatakan ciri orang produktif bisasanya fokus akan tujuannya, sadar akan penggunaan energi dan sumber daya, dan tentunya akan memiliki prioritas yang jelas sehingga memiliki persiapan yang tajam. 

"Waktu menurutnya memang gratis, namun tidak bisa dibeli karena itu sebagai individu yang hidup di era digitalisasi dan industri 4.0 yang akan berus berkembang lebih jauh lagi harus menyadari bagaimana memanfaatkan waktu secara produktif. Apalagi di internet, banyak waktu yang bisa dihabiskan namun haruslah menghasilkan dan bermanfaat," tukasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Endang Eva, Wakbid Kurikulum SMK Citra Negara Depok, Atib Taufik Ketua MGMP Kota Depok, Rizky Alliya, Instruktur Edukasi4ID, dan Vivian Wijaya, Enterpreneur & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Senin, 27 Juni 2022 - 06:15 WIB

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Seni wayang memiliki pesona dan nilai yang tetap aktual. Namun perlu memadankan agar wayang dapat memainkan peranannya di masa kini. Oleh karena itu perlu dipikirkan bagaimana agar kesenian…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…