Bun, Begini Caranya Membangun Hubungan Berkualitas dengan Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 12:25 WIB

Ilustrasi Anak yang Kreatif (Ist)
Ilustrasi Anak yang Kreatif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Membangun hubungan yang berkualitas dan penuh kasih sayang lewat komunikasi terbuka antara orangtua dan anak sangat diperlukan. Kedekatan anak dengan orangtua bisa membentengi anak dari segala hal negatif di luar sana, termasuk internet yang kini sudah menjadi bagian keseharian masyarakat modern. 

"Orangtua bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan anak, serta memberi perhatian dan memberikan pendapat atas apa yang dilakukan anak untuk membentenginya dari hal negatif di luar sana," ujar Idayanti Sudiro, Certified Life and Wellness Coach saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan orangtua harus dengan sepenuh hati melakukannya, memberikan perhatian dan waktunya untuk anak dengan menjadi pendengar. Namun orangtua juga harus menjadi role model terlebih dulu, sebab tidak mungkin mengajari tahu sesuatu yang tidak dilakukan orangtua. 

Terkait dengan keamanan internet, begitu orangtua memberitahu bahwa ada dampak negatifnya dan harus dilakukan pembatasan penggunaan maka orangtua terlebih dulu mengaplikasikannya sehingga anak meniru.

"Orangtua harus bisa menjadi contoh, tidak memainkan gadget saat di ruang makan dan tidak sibuk dengan gadget sewaktu bersama-sama anak di waktu berkualitas dengannya," bebernya.

Cara berkomunikasi sambil mengedukasi juga bisa dilakukan orangtua kepada anak, yakni dengan menjadi sahabat yang menyenangkan bagi anak. Melalui kebersamaan di waktu berkualitas orangtua bisa sekaligus memberikan pengetahuan dan pengertian. Bahwa internet merupakan dunia luar sehingga harus bijaksana dalam pemakaiannya. 

"Selanjutnya memahamkan pentingnya keamanan digital tentang perlunya mengamankan password, berkenalan di dunia internet harus dengan seleksi yang ketat untuk menghindari predator dan ancaman kejahatan. Serta bagaimana interaksi digital yang sopan dengan tata krama, unggahan yang pantas dan tidak dilakukan," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Dila Karinta, Enterprise Consultan at Digital Economy Coorporation, Vivi Andriyani, Marketing Communication Manager Bumbubumbuku, dan Tabitha Purba seorang Dokter Gigi dan Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…