Bun, Begini Caranya Membangun Hubungan Berkualitas dengan Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 12:25 WIB

Ilustrasi Anak yang Kreatif (Ist)
Ilustrasi Anak yang Kreatif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Membangun hubungan yang berkualitas dan penuh kasih sayang lewat komunikasi terbuka antara orangtua dan anak sangat diperlukan. Kedekatan anak dengan orangtua bisa membentengi anak dari segala hal negatif di luar sana, termasuk internet yang kini sudah menjadi bagian keseharian masyarakat modern. 

"Orangtua bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan anak, serta memberi perhatian dan memberikan pendapat atas apa yang dilakukan anak untuk membentenginya dari hal negatif di luar sana," ujar Idayanti Sudiro, Certified Life and Wellness Coach saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan orangtua harus dengan sepenuh hati melakukannya, memberikan perhatian dan waktunya untuk anak dengan menjadi pendengar. Namun orangtua juga harus menjadi role model terlebih dulu, sebab tidak mungkin mengajari tahu sesuatu yang tidak dilakukan orangtua. 

Terkait dengan keamanan internet, begitu orangtua memberitahu bahwa ada dampak negatifnya dan harus dilakukan pembatasan penggunaan maka orangtua terlebih dulu mengaplikasikannya sehingga anak meniru.

"Orangtua harus bisa menjadi contoh, tidak memainkan gadget saat di ruang makan dan tidak sibuk dengan gadget sewaktu bersama-sama anak di waktu berkualitas dengannya," bebernya.

Cara berkomunikasi sambil mengedukasi juga bisa dilakukan orangtua kepada anak, yakni dengan menjadi sahabat yang menyenangkan bagi anak. Melalui kebersamaan di waktu berkualitas orangtua bisa sekaligus memberikan pengetahuan dan pengertian. Bahwa internet merupakan dunia luar sehingga harus bijaksana dalam pemakaiannya. 

"Selanjutnya memahamkan pentingnya keamanan digital tentang perlunya mengamankan password, berkenalan di dunia internet harus dengan seleksi yang ketat untuk menghindari predator dan ancaman kejahatan. Serta bagaimana interaksi digital yang sopan dengan tata krama, unggahan yang pantas dan tidak dilakukan," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Dila Karinta, Enterprise Consultan at Digital Economy Coorporation, Vivi Andriyani, Marketing Communication Manager Bumbubumbuku, dan Tabitha Purba seorang Dokter Gigi dan Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…