Trik Satu Jam Cerdas, Cara Mona Ratuliu Dampingi Anak Saat Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:20 WIB

Mona Ratuliu Saat Mendampingi Anaknya Belajar Online (Instagram/monaratuliu)
Mona Ratuliu Saat Mendampingi Anaknya Belajar Online (Instagram/monaratuliu)

INDUSTRY.co.id - Peran orangtua untuk mendampingi anak dalam pemakaian internet sangatlah penting, supaya menghindari dampak negatifnya yang tidak diinginkan. Terlebih sejak pandemi aktivitas online semakin meningkat, dengan jenjang usia penggunanya melebar bahkan anak-anak pun ikut masuk di dalamnya sejak harus sekolah online.

"Anak berinternet harus didampingi, karena isinya kadang bikin resah dan gelisah. Ada potensi eksploitasi seksual anak di tengah pandemi," ujar Mona Ratuliu, seorang selebritis yang juga pendiri ParenThink saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan melarang anak tanpa internet agak sulit untuk situasi pandemi seperti sekarang ini. Dia pun bercerita bagaimana dia menemani anak mengakses internet, membuka laptop untuk belajar, sekolah online melihat tayangan YouTube, namun ada durasinya. Sebelumnya anaknya yang masuk sekolah dasar belum memiliki gawai, namjn karena harus sekolah online akhirnya sekarang memegang gawai.

Adapun di ranah daring ancaman dan bahaya internet bisa saja datang dari orang tidak dikenal lewat media sosial. Seperti ada pesan dengan gambar yang tidak sepantasnya, kata-kata tidak senonoh, hingga ajakan live streaming dengan iming-iming. Menurut Mona, untuk anak di bawah 9 tahun pastinya akan bingung jika mengalaminya, karena itu orangtua perlu mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari penggunaan internet apalagi pernah ada kasus ingin bunuh diri karena cyberbullying.

Dia mengatakan, orangtua perlu menjamin keamanan internet anak meski internet memiliki sisi negatif tapi sebenarnya ada begitu banyak manfaat positifnya. Misalnya untuk keperluan mencari informasi dan menjadi tempat belajar baru, menunjang proses belajar, agar mudah mencari referensi, mengoptimalkan penggunaan bahasa asing, bahkan untuk sarana kolaborasi. 

Mona pun memberikan kiat-kiatnya dalam mendampingi anaknya saat berinternet, dengan trik satu jam cerdas bersama anak untuk membuat kesepakatan tentang penggunaan internet. 

"Pertama aspek penting di era yang sudah berubah ini menurut Mona orangtua harus mau mendengarkan anak terlebih dulu, dengan cerita pengalaman anak saat memakai internet. Selama 15 menit, tanyakan apakah anak pernah mengalami cyberbullying, apa yang menurut mereka menarik di internet. Kedua selama 10 menit orangtua bisa memberikan pandangan terhadap apa yang dialami oleh anak," jelasnya.

Selanjutnya, yang ketiga orangtua dan anak saling berbagi pengalaman selama 10 menit terkait aktivitasnya hal baik dan buruk di internet. 

"Kemudian langkah keempat, dalam 20 menit orangtua dan anak bisa sama-sama membuat kesepakatan terkait penggunaan internet. Terakhir, 5 menit bisa orangtua gunakan untuk merefleksikan diri dan merencanakan aksi mengenai hal-hal yang sudah disepakati bersama," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Indra Brasco, seorang Dadpreneur, Vivi Andriyani,  Marcomm & Promotion Specialist, dan Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking dan Yudho Boengkoes, seorang Food Blogger.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…