Penerapan Kolaborasi yang Positif di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 15 Oktober 2021 - 16:30 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kolaborasi bisa dikatakan sebagai salah satu gaya hidup masa kini baik di ruang digital ataupun di kehidupan nyata. Aaron Daniel O’Brien seorang Education Influencer & Teacher menjelaskan, kolaborasi merupakan interaksi antarindividu dengan individu lain.

Dalam kolaborasi umumnya terdapat kerjasama atau diskusi yang bertujuan untuk menyamakan pendapat demi mencapat tujuan tertentu. Kolaborasi ini melibatkan kesadaran, motivasi, partisipasi, refleksi, dan keterlibatan.

"Dunia digital sebenarnya cukup berdampak dan berpengaruh bagi kehidupan kita. Khususnya di media sosial," ujar Aaron dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Identitas kita sebagai orang Indonesia di kehidupan nyata dikenal sebagai masyarakat yang ramah. Namun, tidak sesuai dengan bagaimana masyarakat bersikap di dunia digital. Menurut survei Microsoft, Indonesia mendapatkan peringkat 29 dari 32 negara menurut tingkat kesopanannya. Faktor yang mendasarinya karena berita bohong, penipuan, ujaran kebencian, dan diskriminasi.

"Ini karena kita cenderung lebih reaktif terhadap konten yang negatif. Kita akan lebih mudah ingat dengan sesuatu yang menakutkan, membuat mudah marah atau memunculkan suatu emosi negatif. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengubah hal tersebut dan membuat ekosistem media sosial lebih sehat dan positif," jelasnya.

Menurutnya, apabila kita tidak bergerak untuk mengubah ekosistem negatif ke positif maka akan berdampak buruk ke depannya. Misalnya, terjadi cyberbullying yang menyebabkan orang depresi.

Kita bisa mengubah ekosistem tersebut dengan bahasa yang sopan, bijak saat sebar informasi, membuat konten yang positif, dan merefleksikan kepada diri sendiri setiap konten yang ingin diunggah. Ia menuturkan, membuat konten positif pun tidak sulit, bahkan bisa dimulai dengan komentar-komentar yang positif. 

"Dalam membagikan konten-konten positif kita perlu memfilternya terlebih dahulu. Sebab interaksi maupun kolaborasi kita secara online sama pentingnya dengan di dunia offline. Sama seperti di dunia nyata, etika pun perlu digunakan di dunia digital," pungkasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (14/10/2021) pagi, juga menghadirkan pembicara, Panji Oetomo (Penggiat Literasi Digital), Made Sudaryani (Founder Assesment.id), Didin Miftahudin (Founder Gmath pro Indonesia), dan Kila Shafia sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.