Tips Cerdas Berbelanja Online

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 15 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Belanja Online (Ist)
Ilustrasi Belanja Online (Ist)

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital mempengaruhi perbedaan hidup masyarakat termasuk dalam urusan berbelanja. Sebelum memasuki era belanja online, jika kita ingin membeli harus pergi dulu keluar rumah berurusan dengan lalu lintas serta parkir di tempat pembelanjaan yang kita tuju. Entah itu supermarket, minimarket dan juga mall. 

Setelah itu, kita akan menghabiskan berjam-jam untuk memilih barang yang tepat dan memiliki usaha yang cukup berat seperti berjalan mengelilingi mall tentunya ini memerlukan tenaga. 

Yuwita Rianasari, guru SMAN Teluk Jambe menambahkan, belum lagi jika ada sale kita harus menembus kerumunan orang dan mengantri untuk membayar pembelian.  Namun dengan adanya budaya teknologi kita juga memiliki cara berbelanja yang sudah bergeser. 

Menjadi lebih menghemat waktu karena hanya memerlukan beberapa klik untuk mengunjungi toko online. Begitu juga dengan memilih hanya perlu beberapa detik untuk dapat langsung berpindah memilih barang lain.

"Kita memilih berbelanja online di tempat yang terpercaya seperti marketplace atau official store. Karena mereka adalah pihak ketiga yang sudah memiliki kepercayaan yang tinggi. Jika Kita terpaksa membeli melalui website atau Instagram, kita bisa memilih ke official Store itu lebih terpercaya karena langsung dari perusahaannya," jelasnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Seperti apa belanja online yang aman di marketplace, Yuwita mengatakan harus melihat dulu reputasi dari online shop tersebut. Biasanya di marketplace itu terdapat review-review dari para pelanggan online shop tersebut. Selain itu kita juga dapat melihat bintang yang biasanya memberikan peringkat kepada pelanggan. 

Lalu lakukan transaksi yang aman, jika berbelanja di marketplace memang sudah aman. Namun jika masih ingin yang lebih aman yakni cara pembayaran Cash on Delivery (COD) bagi yang ingin langsung bayar ketika barang.

"Hati-hati ini juga banyak penipuan nya dengan mengajak ketemuan di sebuah tempat, kalau kita melakukan COD dan kita tidak punya waktu untuk memeriksa barang tersebut. Setelah dibuka ternyata produk tidak kecewa setelahnya,"tutupnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (14/10/2021) pagi, juga menghadirkan pembicara, Eko Prasetyo (Praktisi IT), Kathrine (Owner organicrush), Aristyo Hadikusuma (Director of Otomasi Inovasi Indonesia), dan Martin Kax (Kreator Konten) sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (foto Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Sedih! Muhaimin Iskandar: 3-4 Juta Pekerja Migran Indonesia Belum Jadi Peserta BP Jamsostek

Jakarta- Warga kita yang berada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain, yang tentu membutuhkan perhatian serius dan belum menjadi peserta BP Jamsostek.…

Presiden Jokowi di Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50…

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…