Resmi Hadir di Semarang, Emiten CSAP Telah Membuka 3 Superstore Baru Mitra10

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:29 WIB

CSAP EKSPANSI MITRA10 KE SEMARANG
CSAP EKSPANSI MITRA10 KE SEMARANG

INDUSTRY.co.id, Semarang– PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) perusahaan Distribusi terbesar & terkemuka untuk Bahan Bangunan, Kimia dan Consumer Goods/FMCG, serta pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria hari ini meresmikan Mitra10 ke-41 di Semarang, Jawa Tengah.

Superstore ini menempati lahan seluas 20.000m2 dengan luas bangunan 9.000m2 termasuk area toko/ selling area seluas 4.500m2, area gudang seluas 3.600m2 serta area parkir yang luas dan aman. Ritel modern ini menyerap 110 orang tenaga kerja yang merupakan putera-puteri daerah Semarang dan sekitarnya.

Pembukaan gerai ke-41 tersebut turut dihadiri oleh Sih Rianung, Kepala Dinas DPU Semarang yang mewakili Walikota Semarang yang berkenan hadir dan meninjau kesiapan toko dan pegawai Mitra10 untuk beroperasi dengan standar protokol Kesehatan yang ketat guna menjamin keamanan, kesehatan dan kenyamanan pengunjung dan karyawan Mitra10.

Para pengunjung pun dipersilahkan masuk ke lokasi toko setelah rombongan terbatas Walikota Semarang meninggalkan lokasi. Jumlah pengunjung sementara dibatasi 50% dari kapasitas sesuai protokol Kesehatan dan baru boleh diperkenankan masuk setelah memindai kode QR PeduliLindungi, sudah mendapatkan vaksin minimal 1 kali dan lolos uji suhu.

Hadirnya Mitra10 di Semarang yang dikelola oleh entitas anak CSAP yakni, PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) yang sahamnya dimiliki oleh CSAP sebanyak 99,90% pun mendapat apresiasi dari Walikota karena memberikan sentimen positif kepada perekonomian Kota Semarang. Hadirnya Mitra10 di Semarang dapat memacu roda perekomian di Kota Semarang agar tumbuh kian kencang seiring dengan membaiknya penanganan Covid-19 dan semakin meratanya program vaksinasi di Indonesia”.

Kota Semarang sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian regional Jawa Tengah merupakan kota metropolitan terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Bahkan pada Jaman Hindia Belanda terkenal sebagai satu dari tiga pusat Pelabuhan (Jakarta, Surabaya dan Semarang).

Potensi pertumbuhan kota Semarang terutama sector property dinilai sangat potensial oleh CSAP. Hal tersebut dapat dilihat dari telah masuknya beberapa pengembang terkemuka nasional di Semarang, apalagi lokasi toko berada ditengah-tengah Kawasan metropolitan Kedungsepur (Kendal, Demak, Unggaran, Salatiga, Semarang dan Purwodadi).

Dengan konsep belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap dengan suasana berbelanja yang aman dan nyaman. Mitra10 merupakan jaringan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Erick Koswara, General Manager Marketing Communication Mitra10 menjelaskan “Pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah. Dengan dibukanya Mitra10 di Semarang, saat ini kami telah memiliki 41 toko di 23 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Semarang dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah.”       

Superstore Mitra10 Semarang merupakan supermarket bahan bangunan & home improvement terbesar di Semarang dengan menawarkan 25.000 jenis barang (Stock Keeping Unit/ SKU) yang terbagi dalam 13 kategori yang terdiri dari Cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa/ plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances).

Total terdapat 600 lebih pemasok yang bekerjasama untuk Superstore ke-40 ini. Keberadaan Mitra10 juga turut membantu produk lokal (Indonesia) karena 80% barang yang ditawarkan merupakan produk buatan dalam negeri.

Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Perseroan juga memiliki House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ryobi.

Dengan menargetkan para pemilik properti sebagai target market utama, baik itu residensial (rumah tapak & vertikal), maupun komersial (café, restoran, ruko & rukan), Mitra10 memberikan perhatian lebih atas tata letak produk yang diatur secara menarik, penyediaan katalog produk yang informatif, penawaran harga dengan garansi harga yang kompetitif adalah bagian dari upaya untuk menambah dan memperkuat kualitas layanan Mitra10. Slogan “Murah, Lengkap, dan Nyaman” adalah panduan Mitra10 dalam melayani dan memenuhi kebutuhan semua pelanggannya.

Bahkan untuk meningkatkan traffic pengunjung dan mendorong pembelian di toko baru, Mitra10 memberikan berbagai program menarik. Seperti program keanggotaan Mitra10, potongan harga khusus, program cicilan 0%, gratis layanan antar, dan tambahan garansi ditawarkan kepada pembeli di masa pembukaan toko dengan bekerjasama dengan merchant-merchant yang ada di Mitra10.

Selain itu, untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini bisa didapatkan secara online melalui www.mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business di nomor 087800021010. Hal tersebut dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform yang saling terintegrasi.

Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan, “Para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat Grand Opening, seperti promo tebus murah, promo registrasi keanggotaan Mitra10, hadiah langsung berupa tas belanja ramah lingkungan dan voucher belanja gratis, dan logam mulia, diskon khusus bank Mandiri dan Crazy Price yang merupakan promo diskon produk khusus Grand Opening. Selain itu selama Grand Opening turut menghadirkan festival kuliner jawa tengah untuk menambah pengalaman berbelanja para pelanggan Mitra10 Semarang”.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia yakni: Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

Dengan telah diresmikannya Mitra10 Semarang, maka Perseroan telah memenuhi 3 dari 4 target pembukaan toko baru. Selanjutnya Kota Tegal akan menjadi target berikutnya pada triwulan IV-2021.

Sehingga akhir tahun 2021 mendatang, CSAP akan memiliki 42 jejaring toko Mitra10 di seluruh Indonesia. Rencana ekspansi CSA Grup tersebut ditopang oleh belanja modal yang dianggarkan sebesar Rp500 miliar pada awal tahun.

Ekspansi tersebut merupakan bagian dari rencana besar Perseroan untuk memiliki 50 jaringan ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10 di seluruh Indonesia di tahun 2023.

Ekspansi Topang Kinerja

Tahun awal tahun 2021 Catur Sentosa Grup menargetkan pertumbuhan konsolidasi kurang lebih sebesar 10%, dimana segmen retail ditargetkan tumbuh sebesar 15%. Management yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan.

Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary CSAP menyampaikan, keyakinan tersebut terbukti, dimana pada semester I-2021 CSAP berhasil membukukan pendapatan konsolidasi mencapai Rp6,7 triliun atau tumbuh 16% dibanding dengan periode yang sama tahun 2020 dengan pencapaian Rp.5,8 triliun. Gross profit margin juga mengalami pertumbuhan margin dari 16,16% naik menjadi 16,46%. Opex ratio mengalami penurunan menjadi 13,91% di semester I-2021 dari 14,37% di semester I-2020.

Segmen ritel modern (bahan bangunan, home improvement & home furnishing) yang bersumber dari jejaring ritel modern Mitra10 dan Atria membukukan pendapatan sebesar Rp.2,4 triliun, tumbuh 13% dibandingkan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama yakni Rp.2,1 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 36% terhadap Penjualan konsolidasi Perseroan.

Adapun segmen lainnya, yakni distribusi (bahan bangunan, kimia dan FMCG) pada semester I-2021 membukukan pendapatan sebesar Rp.4,4 triliun tumbuh 18% dibandingkan semester I-2020 yakni Rp.3,8 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 64% atas Penjualan konsolidasi CSAP.

Kinerja kedua segmen tersebut berhasil tumbuh positif di enam bulan pertama meski tekanan pandemi dan pembatasan kegiatan masih terasa baik secara global maupun nasional.

Seiring dengan itu, ratio EBITDA juga mengalami pertumbuhan dari 4,40% naik ke 5,03%. Pertumbuhan angka penjualan secara konsolidasi tersebut berhasil mengangkat kinerja laba Perseroan. CSAP berhasil membukukan lonjakan laba bersih sebesar 153% pada semester-I 2021, menjadi Rp.79 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp.31 miliar.

Besarnya kebutuhan dan minat pemilik properti untuk melakukan pemeliharaan (renovasi) berkala maupun mempercantik hunian serta membaiknya penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi dipercaya menjadi salah-satu katalis positif pertumbuhan kinerja bagi Perseroan.

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” sebesar 40m2 di Jakarta pada tahun 1966, memasuki umur ke-55 ini CSAP sudah menjadi perusahaan Independen di Distribusi dan Ritel Modern Bahan Bangunan yang terbesar di Indonesia. Selain Bahan Bangunan CSAP juga mendistribusikan Consumer Goods (FMCG) dan Bahan Kimia. Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi FMCG, 41 gerai “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement dan 14 gerai “Atria” Ritel Modern Home Furnishing.

Dengan merek Mitra10, yang merupakan anak usaha dari PT Catur Sentosa Adiprana (CSA), adalah ritel modern pertama yang mengusung konsep berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap di Indonesia. Pada awal berdirinya, tahun 1997-1998, Mitra10 membuka 10 supermarket di area Jabodetabek. Selanjutnya, dengan ekspansi bisnis yang agresif, total toko Mitra10 hingga saat ini sudah mencapai 41 toko, yang tersebar di Jabodetabek, Cibarusah, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Semarang,  Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Bali, Lampung, Palembang, Medan, Batam, Lombok, Makassar, dan Balikpapan. Selanjutnya, Mitra10 juga akan hadir di sejumlah lokasi strategis lainnya. Perluasan sayap bisnis akan terus berlanjut dengan target mencapai  total 50 toko dalam beberapa tahun ke depan di Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…