Pentingnya Digital Profile untuk Karier, Berikut Tips Cara Membuatnya
Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Curriculum Vitae (Ist)
INDUSTRY.co.id - Transformasi digital telah mengubah dari segala sesuatu yang bersifat konvensional menjadi digital. Bukan hanya kebiasaan baru dalam hidup sehari-hari yang serba online, setiap orang akhirnya perlu memiliki digital profile untuk personal branding dan mengupdate keahlian agar mendapat kesempatan pekerjaan yang lebih baik.
“Perkembangan serba digital saat ini membuat kita harus adaptif sehingga setiap orang diharapkan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan dunia digital,” kata Meiskasa Recruitment Officer Permata Bank saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Setiap orang akhirnya perlu memiliki digital profile, apakah seorang pemilik UMKM, influencer maupun job seeker. Digital profile merupakan siapa diri kita di dunia digital dan bisa dikaitkan dengan personal branding seseorang.
Membuat digital profile yang bagus memiliki trik tersendiri dan fokus pada empat hal yaitu visi misi personal beanding seseorang, kemudian menentukan personal branding seperti apa ingin dikenal di dunia digital, selanjutnya mendesain profil digital dengan konten yang menarik dan terakhir memelihara profil digital dengan unggahan jejak digital positif.
“Digital profil itu penting banget. Sekarang proses recruitment udah nggak ada yang manual lagi,” ujarnya lagi.
Bila dulu proses recruitment, pencari kerja membawa map berisi CV datang ke job fair, sementara saat ini dari rumah pun setiap orang sudah dapat mencari lowongan kerja dan hanya perlu mengirim satu halaman CV berbentuk softcopy yang mudah diperbaharui.
"Template yang tersedia untuk mengupdate CV pun sangat beragam bahkan setiap orang bisa punya digital profil lengkap dengan koneksi kenalan di banyak perusahaan melalui Linkedin," pungkasnya.
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.
Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategis Hello Monday Morning, Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS, dan Vivian Wijaya, Enterpreneur & Beauty Enthusias.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
Diikuti Ribuan Partisipan, Flip Lanjutkan Kompetisi Wujudkan Hematmu
Rendahnya Pengeluaran pada 50% Perencanaan Media Menghambat ROI Maksimal…
Kolaborasi Vindes X Nippon Paint Ciptakan Lapangan Hebat untuk Warga…
Kolaborasi IDSurvey Dukung Pengadaan Air Bersih, Sanitasi Layak,…
Inti Megah Swara Luncurkan Deretan Nakamichi Professional Wireless…
Industri Hari Ini

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB
Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen
PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB
Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi
PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB
Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB
Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB
Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya
Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…
Komentar Berita