Sambut Hari Kesehatan Mental Sedunia, Allianz Indonesia Sebarkan Pesan Lawan Bullying Lewat Kompetisi Stand-Up Comedy

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:56 WIB

 Allianz Indonesia Sebarkan Pesan Lawan Bullying Lewat Kompetisi Stand-Up Comedy
Allianz Indonesia Sebarkan Pesan Lawan Bullying Lewat Kompetisi Stand-Up Comedy

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menyambut hari kesehatan mental sedunia, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan EDU Foundation menggelar Malam Final Kompetisi Online Lawan Bullying dengan Komedi sebagai puncak penampilan serta penilaian dari kompetisi yang digelar sejak Juli 2021.

Pada kesempatan ini, para finalis ditetapkan menjadi duta anti bullying untuk dapat terus mengedukasi masyarakat, khususnya remaja, untuk melawan perundungan (bullying) yang masih sering terjadi. Kegiatan ini melanjutkan kesuksesan acara serupa tahun lalu.

Menurut data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018, sebanyak 6,2% kalangan remaja mengalami depresi berat dan salah satu penyebab terbesar penyakit kejiwaan ini adalah bullying. Untuk itu, Allianz menyelenggarakan kompetisi Lawan Bullying dengan Komedi sebagai bentuk kepedulian untuk mengedukasi serta melawan tindakan bullying dengan cara yang positif yaitu melalui stand-up comedy.

Hadirnya program ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat atas bahaya tindakan bullying yang kian hari kian menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan pada kesehatan jiwa.

“Meminimalisir perilaku bullying khususnya pada kalangan remaja merupakan tanggung jawab kita semua. Para peserta yang telah terpilih ini akan menjadi duta anti bullying sehingga diharapkan dapat berdampak pada lingkungan sekitar mereka, mulai dari yang terdekat seperti lingkungan keluarga, tempat tinggal, sekolah sampai masyarakat luas. Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli akan terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai macam program pemberdayaan berdasarkan empat pilar termasuk pilar pendidikan, agar dapat senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam melawan bullying,” ujar Rizki Rudiantoro, Pengawas Yayasan Allianz Peduli yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (14/10/2021).

Kompetisi ini dimulai dengan tahap penyisihan dari ratusan peserta yang mendaftar menjadi 25 peserta, kemudian untuk malam final dipilih 12 finalis yang dapat menunjukan kemampuan mereka dalam stand-up comedy di depan para juri.

Sebelumnya, para peserta telah diberikan pembekalan psikoedukasi dan masterclass serta mentoring oleh para komika ternama Indonesia yaitu Mo Sidik, Isman HS, dan Wawan Cikuk. Kegiatan pembekalan dilakukan secara langsung oleh EDU Foundation dengan menerapkan metode asertif agar dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengekspresikan diri melalui perasaan, perilaku, harapan dan opini yang tertuang melalui tulisan maupun komunikasi secara langsung.

“Sudah tiga tahun program ini berjalan dengan tema melawan bullying menggunakan metode asertif, metode menyampaikan pendapat atau menilai diri sendiri melalui komedi. Metode asertif terbukti sudah berhasil untuk menurunkan agresifitas dari pembully. Bagi para penyintas bully, metode ini dapat menurunkan depresinya dengan cara menulis. Kita meningkatkan caranya dengan bukan hanya menulis biasa, namun menulis dengan komedi sehingga prosesnya menyenangkan sehingga pendapat dapat tersampaikan dengan cara yang benar,” kata Zaky Zakaria, Executive Director EDU Foundation.

Sesi mentoring pun dilakukan melalui komunikasi langsung antar para mentor dan peserta sebagai mentee dimulai dengan perkenalan latar belakang keresahan dari bullying yang pernah dialami peserta. Pengalaman peserta sebagai penyintas bullying diproses menjadi hasil yang positif, di mana peserta diajak untuk berdamai dengan diri sendiri salah satunya melalui proses kreatif berkomedi.

“Untuk dapat berbicara di depan publik terlebih lagi melakukan stand-up comedy merupakan sesuatu yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Namun, malam ini saya sangat bangga kepada seluruh finalis yang telah berani untuk unjuk penampilan serta membawa pesan penting anti perundungan lewat komedi. Mari kita apresiasi keberanian para peserta dan semoga pesan ini dapat terus digaungkan untuk menghentikan perundungan,” ujar Mo Sidik. 

Penampilan para finalis dinilai oleh lima juri yang terdiri dari para mentor komika, Zaky Zakaria, Executive Director EDU Foundation, serta perwakilan dari Allianz Indonesia, GM Budi Gunawan, Head of Claims Business Process. Lima peserta terbaik dinobatkan pada acara ini yang terdiri dari tiga juara utama dan dua juara favorit berdasarkan polling dari para penonton yang hadir.

Muhammad Raihan Asprila, seorang remaja 18 tahun asal Bogor, terpilih sebagai Juara 1 Kompetisi Lawan Bullying dengan Komedi, dan menurutnya “Caraku melawan bullying adalah dengan memperlihatkan kemampuan yang tidak dimiliki oleh sang pelaku bully, yaitu lewat prestasi. Jangan hanya fokus kepada kekurangan atau yang tidak kita miliki, lebih baik melakukan aksi misalnya lewat komedi yang juga bisa bikin kita happy.”

Pemenang kompetisi ini disusul oleh Ali Gibran, 18 tahun asal Tangerang Selatan,  sebagai Juara 2, Adellyne Opat 18 tahun asal Jakarta,  sebagai Juara 3, serta Jonathan Yeremia 19 tahun asal Jakarta dan Muhammad Zulfan 17 tahun asal Garut sebagai Juara Favorit. Para pemenang diharapkan dapat menjadi Duta Anti-Bullying bagi dirinya dan lingkungannya untuk menyebarkan pesan positif dalam melawan bullying.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…