Ini 7 Cara Bermain Media Sosial agar Lebih Produktif

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:45 WIB

Media Sosial (Ist)
Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 73 persen dari populasi penduduk Indonesia telah menggunakan internet, dari jumlah tersebut 61 persen di antaranya telah menggunakan media sosial. Rata-rata pengguna menghasilkan hampir 9 jam dengan 3 jam dihabiskan untuk media sosial. 

"Aktivitas di internet bisa menjadi nilai positif atau negatif tergantung kita menggunakannya. Bayangkan aja jika waktu 9 jam ini kita gunakan untuk melakukan sesuatu yang produktif, kreatif pastinya akan sangat membantu kehidupan kita," kata Whisnu Bakker, Head of Digital Marketing Paragon Pictures saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Apakah membantu seseorang untuk membangun karier atau brand image yang baik di masyarakat. Sebab sebenarnya di internet setiap orang juga bertemu dengan orang-orang yang nyata, membangun image baik di media sosial akan membantu branding yang baik. 

Menurutnya ada 7 cara untuk membuat media sosial menjadi produktif. 

1.Media sosial sebagai tempat mencari saran

Media sosial merupakan tempat yang tepat untuk mencari saran dari banyak orang, komunitas besar yang ada di media sosial dapat menjdi acuan tentang pemikiran kita akan suatu topik. Tinggal setiap orang harus bisa memfilter saran yang bagus namun harus mengingat untuk tidak meminta saran untuk kehidupan pribadi di ruang publik.

2.Media sosial sebagai problem solve

Banyaknya informasi yang tersebar di media sosial dapat menjadi solusi bagi masalah yang tengah dihadapi. Bahkan kita jug bisa bertanya langsung kepada jutaan pengguna media sosial lainnya. 

3.Media sosial sebagai networking

Dengan hampir seluruh populasi penduduk Indonesia bahkan dunia yang aktif di media sosial maka menjadi sarana menjalin relasi dengan banyak orang. Setiap orang bisa memulai percakapan dan berkenalan langsung dari media sosial.

4.Untuk mendapatkan feedback

Mempunyai ide, produk, atau karya dan membutuhkan masukan dari orang lain maka bisa langsung bertanya kepada audiens.

5.Media sosial sarana komunikasi

Media sosial sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat luas tanpa batas tanpa perlu perantara. Dengan kekuatan media sosial hanya dengan satu unggahan bisa menjangkau banyak pengguna. 

6.Media sosial untuk mencari ide

Ada banyak sekali konten di media sosial dalam sehari, sehingga mencari referensi dan inspirasi namun tidak menirunya. 

7.Menghalau hal negatif

Media sosial bisa menjadi positif atau negatif tergantung dari penggunanya, namun perlu diingat bahwa ikuti hanya akun-akun dan topik yang positif. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Setiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Adiyama Slamet, Ketua KPID Jawa Barat, dan Ayu Imada, seorang Blogger dan Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…