Waspadai Kejahatan Siber Berujung Pembobolan Akun Bank

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:45 WIB

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)
Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

INDUSTRY.co.id - Di era serba digital dengan segala perubahannya membuat individu beradaptasi dengan penggunaan teknologi. Selain itu setiap individu harus lebih berhati-hati serta mewaspadai segala aktivitas di internet. Terutama yang berhubungan dengan tersebarnya data pribadi yang bisa dicuri atau disalahgunakan untuk kejahatan seperti penipuan bahkan pembobolan akun bank. 

Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma mengungkapkan masyarakat masih awam terhadap perlindungan data pribadi atau bahkan tak sadar telah mengumbarnya bisa mengakibatkan berbagai kerugian. Karena beberapa faktor terjadinya pencurian data di dunia digital juga terjadi karena masyarakat tidak sadar seberapa bahayanya jika data pribadi jatuh ke tangan orang yang salah. 

"Kesadaran masyarakat sebagai pengguna internet akan pentingnya perlindungan data pribadi saat ini masih kurang," katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan, ancaman siber yang terdapat di internet memiliki dampak bahaya dan potensi ancaman misalnya scam yang berupa tindak penipuan dengan berusaha meyakinkan pengguna atau phising, yaitu tindakan memancing korban untuk mengarakhan ke situs palsu dan memasukan data pribadi. 

"Dampak bahaya lanjutannya, data pribadi yang dicuri bisa disalahgunakan untuk pinjaman online. Telemarketing yang menghubungi langsung ke nomor pribadi dan munculnya sms spam menawarkan pinjaman,"

Hal itu dapat terjadi bila pelaku sudah tahu identitas pribadi seseorang, sehingga mereka akan mudah untuk menjebak targetnya. Dampak bahaya lanjutan yang bisa terjadi yaitu pembobolan akun bank, modus ini dilakukan untuk meretas akun What’sApp korban dengan meminta kode OTP. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu DJ Arie, Broadcast Trainer dan Communication Coach, Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Nikita Dompas, Producer and Music Director, serta Joana Lee, Fitness & Beauty Enthusiast. 
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit KOPASKA TNI AL

Rabu, 06 Juli 2022 - 06:00 WIB

KOPASKA dan Kapal Selam Terlibat dalam Latihan Peperangan Khusus TN IAL

TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar kegiatan Latihan Peperangan Laut Khusus (Naval Special Warfare) dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska)…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:45 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tinjau Kesiapan Sarpras Catar AAL Surabaya

Markas Komando (Mako) Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya, Jalan Opak, No.09, Surabaya, yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat Test Terpusat Werving Calon Taruna (Catar) Akademi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…