Manfaatkan Media Sosial dengan Saling Berbagi Konten Positif dan Inspiratif

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:30 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta atau di atas 80 persen dari total 202,6 juta orang yang telah aktif menggunakan internet. Hampir setiap pengguna memiliki aplikasi media sosial di ponsel pribadinya. Media sosial dapat menjadi contoh kehidupan sosial seseorang mulai dari meniru cara berpakaian, cara berbicara, sehingga media sosial sebaiknya menjadi sarana positif. 

"Aku biasanya membagikan konten di sosial media seputar kehidupan. Jadi aku menggunakan sosial media sebagai personal blog dan tempat saling berbagi, menambah wawasan," kata Tabitha Purba, seorang Dokter Gigi yang juga digital creator saat webinar Literasi Digital wilayah Jabar I Kabupaten Bogor, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan, sekarang setiap orang begitu mudah mengakses media sosial. Apalagi semenjak pandemi, aktivitas berinternet di media sosial semakin meningkat termasuk anak-anak yang sekarang sekolah online dulunya tidak memiliki media sosial kini memiliki media sosial.

Media sosial sendiri digunakan untuk berbagai macam hal seperti networking, menjalin berbagai relasi apalagi selama pandemi sudah jarang bisa bertemu teman. Media sosial juga menjadi sarana mencari teman baru, untuk berbelanja, bahkan mendapat kesempatan pekerjaan. Namun tentunya untuk berbagi segala hal seseorang tetap harus menyaring dulu informasi yang diterima dan dibagikan. 

“Bagikan konten informatif dan inspiratif seperti event, berita terbaru yang sudah jelas kebenarannya, atau berupa review pengalaman pribadi, gambar dan foto yang menginspirasi,” katanya lagi.

Selain itu Tabita yang berprofesi sebagai dokter gigi juga sering membagikan konten edukatif seputar kesehatan, informasi vaksin saat awal pandemi. 

"Konten edukatif lainnya bisa berupa tutorial, tips, hasil riset atau artikel, serta opini. Masyarakat biasanya juga menyukai konten yang isinya menghibur dan bisa membuat orang lain tertawa. Media sosial juga bisa membantu usaha orang lain yang baru membuka bisnis di masa pandemi," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Atib Taufik, Ketua MGMP Kota Depok, Zulhafniar, Staff Pengajar SMK Pariwisata Citayam, Hani Purnawanti, Relawan TIK Indonesia, dan Ana Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…