Waspadai Kejahatan di Internet, Kesadaran Privasi di Media Sosial Masih Rendah

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Oktober 2021 - 14:05 WIB

Ilustrasi Perlindungan Data Pribadi (Ist)
Ilustrasi Perlindungan Data Pribadi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Oxford Learner’s Dictionary mengartikan rekam jejak digital sebagai informasi mengenai seseorang yang ada di internet sebagai akibat dari aktivitas-aktivitas daring. Jejak digital ada yang pasif berupa jejak yang tidak sengaja ditinggalkan misalnya alamat IP, lokasi, history pencarian, waktu log-in dan log-out. 

Adapun jejak digital aktif yaitu berupa data yang secara nyata dicatatkan seperti unggahan di media sosial, termasuk data yang diunggah di situs. 

"Kesadaran privacy di dunia daring masih rendah. Sebagai pengguna media sosial seharusnya kita memiliki pemahaman rekam jejak yang positif," kata Firzie A. Idris, Assistant Editor di Kompas.com saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengungkapkan, jejak digital hampir mustahil untuk dihilangkan, di luar negeri kewaspadaan akan identitas besar banget.

Mengenai rekam jejak digital, sudah banyak kejadian kasus yang membuktikan bahwa internet tidak bisa menghapusnya. Seperti unggahan lama dari artis yang kemudian dijadikan konten viral oleh media. Bayangkan bagaimana jika isinya merupakan hal yang berbau rasis dan menjelek-jelekan SARA. 

"Perlu adanya kesadaran dalam rekam jejak digital dengan tidak over sharing di media sosial," tambahnya.

"Apalagi sempag ada kasus sharenting harus membuat orangtua, guru, atau pengawas anak hati-hati dalam mengirimkan, menyebarkan nama dan foto anak, nama sekolah dan kelas anak, tanggal lahir dan ijazah anak di kanal digital. Karena sebenarnya anak juga memiliki hak atas privacy, banyak sekali pelaku kejahatan di luar sana," pungkas Frizie.

Webinar Literasi Digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Adam Hermawan, Dosen dan Ketua Prodi Bisnis Digital UPI, Seni Apriliya, Dosen dan Peneliti Literasi UPI Kampus Tasikmalaya, Nandang Rusmana, Direktur UPI Kampus Tasikmalaya, dan Fanny Fabriyana, seorang Public Figure. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Kemenperin: Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun di Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…