XCMG Incar Pasar Alat Berat di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Mei 2017 - 09:29 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Maraknya pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi penjualan alat berat di sektor konstruksi, agribisnis, logistik, dan pertambangan.

Berdasarkan data dari Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi) menunjukkan bahwa penjualan alat berat pada kuartal pertama tahun 2017 naik 88 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 619 unit.

Hal inilah yang membuat perusahaan alat berat asal Tiongkok, Xuzhou Construction Machinery Group (XCMG) menempatkan perwakilannya di tanah air melalui XCMG Indonesia untuk memasarkan beberapa produknya.

"Indonesia adalah salah satu pelaku ekonomi terbesar di Asia Tenggara yang memegang peranan sumbu dalam aspek politik dan ekonomi. Selain itu, posisi strategis yang menghubungkan pusat transportasi di Asia, Oseania, Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, menjadikan Indonesia sebagai bagian yang sangat penting bagi regional tersebut," ungkap Presiden Direktur XCMG Asia Pasific, Hu Xiangyang di Jakarta (30/5/2017).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), total perdagangan luar negeri Indonesia di tahun 2016 mencapai USD 28 miliar,dimana nilai perdagangan dengan China mencapai USD 43 miliar. Sementara nilai impor dari China sebesar USD 30 miliar.

"Saat ini, China adalah pedagang terbesar produk non migas di Indonesia, selain Jepang dan Amerika Serikat," terangnya.

Menurut Hu, Terlepas dari negara kedua dan ketiga, pemerintah China akan terus berinvestasi sebesar USD 50 miliar dalam proyek infrastruktur di Indonesia. Proyek-proyek tersebut meliputi, rek kereta api, pembangkit tenaga listrik, jalan tol, dan masih banyak yang lainnya menyangkut kebutuhan publik.

Saat ini, XCMG memiliki lini produk yang cukup beragam seperti berbagai tipe crane, wheel loader, axcavator, motor grader, heavy duty truck, berbagai peralatan pengaspalan, peralatan pembetonan, mining equipment, serta berbagai peralatan pemadam kebakaran dan sanitasi.

"Dengan kelengkapan produk yang kami miliki, menjadikan XCMG sebagai perusahaan yang bisa memberikan layanan terbaik bagi industri alat berat Indonesia," ucapnya.

Hu berharap, pembentukan PT XCMG Group Indonesia dapat menjadi solusi lengkap bagi konsumen di Indonesia guna meningkatkan pembangunan yang berkesinambungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Selasa, 30 April 2024 - 17:36 WIB

PGE Catat Laba Bersih Sebesar USD47,49 Juta Pada Tiga Bulan Pertama 2024

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia dengan secara konsisten melanjutkan kinerja keuangan yang positif di kuartal…

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

Selasa, 30 April 2024 - 17:32 WIB

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

PT Jalin Pembayaran Nusantara (”Jalin”), bagian dari Holding BUMN Danareksa dan PT Espay Debit Indonesia Koe (”DANA”) resmi melakukan kerja sama strategis yang mencakup penggunaan teknologi…

JLL Indonesia

Selasa, 30 April 2024 - 17:22 WIB

Investasi Real Estat Komersial di Asia Pasifik Naik 13% Pada Kuartal Pertama 2024

Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan investasi real estat komersial pada kuartal pertama 2024, dengan volume investasi mencapai US$30,5 miliar.…

Solo Menari 2024

Selasa, 30 April 2024 - 16:33 WIB

Solo Menari 2024, Suguhkan Pesta Seni Budaya dan Tari Kolosal yang Indah

Masyarakat Kota Solo terlihat antusias dan semangat menghadiri even Solo Menari di Kota Solo, Jawa Tengah yang digelar di Taman Sriwedari Senin (29/04/2024). Bahkan kemeriahan ajang Solo Menari…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Selasa, 30 April 2024 - 15:47 WIB

Bank Mandiri Catat Realisasi Kredit Kuartal I 2024 Tembus Rp 1.435 Triliun

Bank Mandiri berhasil membuktikan ketahanan dan adaptabilitasnya dalam kondisi pasar yang volatil di tengah ketidakpastian ekonomi dan keuangan global. Hal ini tercermin dari kemampuan Bank…