Resmikan Pembangunan Smelter Single Line Terbesar di Dunia, Jokowi Banjir Pujian: Bravo!!! Presiden Brilian...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:18 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa siang, menyampaikan bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar ketujuh di dunia.

Hal itu ia sampaikan dalam acara groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

"Indonesia adalah satu dari tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia. Dan kita telah menguasai 51 persen saham Freeport," ujar Jokowi seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dai ungggahannya di akun Facebook pada Selasa (12/10/2021).

"Lalu apa selanjutnya? Hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi," sambung Jokowi.

Menurutnya, untuk menciptakan nilai tambah itulah, dirinya hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik Jawa Timur.

"Untuk nilai tambah itulah, hari ini, saya melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur," ujarnya.

Dikatakan Jokowi lebih lanjut, smelter PT Freeport Indonesia ini dibangun di atas lahan seluas 100 hektare. 

Smelter ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga. 

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di sini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk masuk ke KEK Gresik," pungkas Jokowi.

Untuk dikethui, hingga berita ini diturunkan, unggahan Jokowi tersebut telah disukai puluhan ribu kali dan menuai banjir komentar pujian dari masyarakat.

"Bravo!!! Benar-benar brilian presiden kita.," ujar Yanik Rezeki.

"Tanah airku makin maju pesat Pimpinan Bapak Presiden Jokowi. Mantul," kata Muna Marsya.

"Baru di rezim ini Freeport takluk seperti kerbau dicocok hidungnya hingga mau menyerahkan saham 51% dan bikin smelter. Rahmat Barokah Allah kagem Pak Jokowi serta seluruh bangsa Indonesia," ucap Tomaya.

"Alhamdulillah.. Semoga pembangunan smelter lancar, Amiin. Sudah saatnya hasil tambang kita oleh sendiri agar semakin banyak lapangan pekerjaan dan memberikan nilai tambah yang berlipat bagi perekonomian negeri tercinta," sebut Nur Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:45 WIB

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi Pimpin Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika

Acara serah terima Komandan Kodim 1710/Mimika dari pejabat lama Letkol Infanteri Yoga Cahya Prasetya kepada pejabat baru Letkol Infanteri Dedy Dwi Cahyadi dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:00 WIB

KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman…

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.