Resmikan Pembangunan Smelter Single Line Terbesar di Dunia, Jokowi Banjir Pujian: Bravo!!! Presiden Brilian...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:18 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa siang, menyampaikan bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar ketujuh di dunia.

Hal itu ia sampaikan dalam acara groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

"Indonesia adalah satu dari tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia. Dan kita telah menguasai 51 persen saham Freeport," ujar Jokowi seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dai ungggahannya di akun Facebook pada Selasa (12/10/2021).

"Lalu apa selanjutnya? Hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi," sambung Jokowi.

Menurutnya, untuk menciptakan nilai tambah itulah, dirinya hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik Jawa Timur.

"Untuk nilai tambah itulah, hari ini, saya melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur," ujarnya.

Dikatakan Jokowi lebih lanjut, smelter PT Freeport Indonesia ini dibangun di atas lahan seluas 100 hektare. 

Smelter ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga. 

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di sini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk masuk ke KEK Gresik," pungkas Jokowi.

Untuk dikethui, hingga berita ini diturunkan, unggahan Jokowi tersebut telah disukai puluhan ribu kali dan menuai banjir komentar pujian dari masyarakat.

"Bravo!!! Benar-benar brilian presiden kita.," ujar Yanik Rezeki.

"Tanah airku makin maju pesat Pimpinan Bapak Presiden Jokowi. Mantul," kata Muna Marsya.

"Baru di rezim ini Freeport takluk seperti kerbau dicocok hidungnya hingga mau menyerahkan saham 51% dan bikin smelter. Rahmat Barokah Allah kagem Pak Jokowi serta seluruh bangsa Indonesia," ucap Tomaya.

"Alhamdulillah.. Semoga pembangunan smelter lancar, Amiin. Sudah saatnya hasil tambang kita oleh sendiri agar semakin banyak lapangan pekerjaan dan memberikan nilai tambah yang berlipat bagi perekonomian negeri tercinta," sebut Nur Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…