Gapensi: Krakatau Steel Bangkitkan Kepercayaan Diri Kemandirian Anak Bangsa

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:16 WIB

Gedung Krakatau Steel (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Gedung Krakatau Steel (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ada beberapa langkah yang telah ditempuh pihak manajemen untuk memperbaiki kinerja PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Beberapa langkah itu dilakukan perusahaan dalam rangka menyehatkan perusahaan.

Terkait hal ini, Sekretaris Jenderal BPP Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman Karumpa memberikan apresiasi kepada Direktur Utama (Dirut) dan para komisaris PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Andi mengatakan, manajemen PT. Krakatau Steel di bawah Dirut Silmy Karim mampu mengembalikan kepercayaan pasar, baik dalam maupun luar negeri, sekaligus membangkitkan kepercayaan diri anak bangsa Indonesia.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan bahwa ada dua poin yang menjadi perhatian pihaknya. Seperti kemampuan Dirut Silmy Karim dalam melakukan lobi pemasaran.

"Poin pertama dari sisi pemasaran dalam negeri contohnya, Silmy Karim mengubah total budaya perusahaan yang masih terbiasa menunggu pembeli dengan mendatangi langsung mereka. Itu juga sekaligus memberikan pemahaman bahwa menggunakan produk Krakatau Steel yang sesuai dengan kebutuhan akan lebih efisien ketimbang impor," ujar Andi, di Jakarta, belum lama ini.

Poin kedua dari sisi pemasaran luar negeri, ketika banyak pabrik di luar negeri tutup karena pandemi Covid-19, Dirut Silmy Karim justru menjadikan peluang untuk membanjiri pasar dengan produk terbaik Krakatau Steel di Eropa dan Australia. Sebagai gambaran, kata Andi, emiten pelat merah ini membukukan pendapatan bersih senilai US$ 1,05 miliar atau setara Rp 15,3 triliun pada semester pertama 2021.

"Realisasi ini melejit 90,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumya, dimana KRAS hanya membukukan pendapatan sebesar US$ 552,8 juta atau setara Rp 8 triliun," ucapnya.

Hal senada dengan Wakil Ketua Umum V BPP Gapensi La Ode Saiful Akbar. Ia mengatakan, volume penjualan produk utama KRAS meningkat sebesar 43,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Peningkatan volume penjualan Hot Rolled Coil (HRC) dan Cold Rolled Coil (CRC) menjadi sebesar 995.000 ton dibandingkan 692.000 ton di tahun 2020.

"Selain itu, penjualan ekspor KRAS pun meningkat 15 kali lipat menjadi sebesar 162.243 ton di 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yang hanya 10.817 ton," ungkap La Ode.

Kemudian terkait efisiensi dan tata kelola perusahaan, sebelum ada kebijakan bekerja dari rumah, Dirut Silmy Karim telah lebih dulu memberlakukannya. Dan yang sangat membuat Indonesia bangga adalah dengan diresmikannya Pabrik Produksi Baja kualitas skala Premium oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya ada dua di dunia dan salah satunya di PT. Krakatau Steel.

"Ini suatu harapan dan kepercayaan diri baru bagi bangsa ini untuk mampu memenuhi kebutuhan industri baja, baik dalam maupun luar negeri melalui badan usaha milik negara (BUMN) yang bernama PT. Krakatau Steel ini. Maju terus Krakatau Steel, kami anak bangsa ini akan terus mendukungmu," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…