Melestarikan Budaya Kreatif dan Produktif di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 11 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Budaya merupakan cara hidup sekelompok manusia yang telah berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi. Budaya merupakan milik bersama dan bisa berubah menyesuaikan zaman. 

Indonesia dikenal dengan budaya gotong-royongnya, sopan santun, ramah tamah, generasi yang paling produktif saat ini yaitu milenial bertanggung jawab mekestarikan dan membentuk budaya positif.

"Kita bisa menyesuaikan budaya kita yang sudah baik menjadi lebih relevan lagi dengan adanya ruang digital (internet)," kata Cyntia Jasmine, Founder GIFU saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Caranya, yakni dengan membuat budaya kreatif dan produktif di ruang digital. Karena zaman dulu penggunanya belum sebanyak  sekarang, apalagi dengan adanya masa pandemi setiap orang dipaksa untuk masuk ke ruang digital. Lebih lanjut dia mengatakan budaya memiliki manfaat antara lain menjadi sumber pengetahuan dunia, identitas nasional, memupuk sikap toleransi, dan menumbuhkan nasionalisme. Dengan hal-hal positif dari budaya, maka suatu masyarakat bisa merasa bangga akan budayanya yang baik. 

Sementara itu pertumbuhan berbagai platform digital membuka peluang untuk menumbuhkan kreativitas dan produktifitas. Apalagi saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 202,6 juta, mengalami pertumbuhan 15.5 persen dari tahun 2020. 

Sebanyak 73,7 persen masyarakat Indonesia sudah memakai internet, 26,3 persen merupakan bayi, lansia, area yang belum ada internet. Dengan banyaknya pengguna, hal ini mengisyaratkan peluang bagi para pelaku usaha dan content creative untuk membagikan kreativitasnya. 

"Internet sekarang merupakan tempat yang strategis untuk memasarkan produk kita atau bisnis kita," jelasnya.

Bila sebelumnya seseorang yang potensial dan memiliki keahlian memasak berupaya dengan membuka restoran sendiri, kini dengan adanya internet dan media sosial mereka bisa menjadi influencer dan koki yang ikut membagikan keterampilannya di media sosial dalam hal masak memasak. 

"Begitu juga terjadi pada bidang keahlian lainnya seperti dokter, yang segala unggahannya bisa menjadi cara berkontribusi yang kreatif dan produktif di internet," pungkas Cyntia.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Daniel Hermansyah, CEO Kopi Chuseyo, Nikita Dompas, Producer & Music Director dan Adri Liberty, Legal BCAInsurance. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…