Menparekraf Ingin Ajang Sport Tourism Kembali Menggeliat

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 11 Oktober 2021 - 11:15 WIB

Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)
Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Ajang sport tourism "MesaStila 100" yang berlangsung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diharapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dapat ditunjang lewat penyelenggaraan event wisata olahraga seperti MesaStila 100.

MesaStila 100 menawarkan pengalaman lebih bagi wisatawan untuk berolahraga melintasi keindahan potensi alam yang unik, juga kaya akan budaya serta tradisi. Dengan adanya kearifan lokal, akan menjadi pembeda bagi destinasi yang mampu menjadi pengalaman yang otentik dan unik untuk menarik para wisatawan. 

"Saya mengapresiasi bahwa MesaStila 100 penyelenggaraannya di tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah penanganan pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan sangat kita perlukan agar kita dapat segera mengakhiri pandemi ini," kata Sandiaga Uno usai tiba di garis finish MesaStila 100, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Turut berpartisipasi pada perlombaan tersebut, Menparekraf sangat optimis karena melihat antusiasme peserta yang ikut di MesaStila 100. Tercatat lebih dari 400 peserta mengikuti 5 nomor lomba. Selain 12 kilometer, MesaStila 100 juga menghadirkan kategori lomba untuk 25k, 50k, 75k, dan 100k. 

"Setelah tahun lalu (MesaStila 100) absen, tahun ini merupakan tahun yang sudah ditunggu-tunggu. Dan slot peserta semuanya sold out hanya dalam waktu 2 minggu merupakan rekor dari masa-masa penyelenggaraan MesaStila 100 sebelumnya," tuturnya.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat memberi inspirasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah untuk dapat bangkit dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sehingga pariwisata bangkit, ekonomi bangkit dan membuka lapangan kerja. 

Kemenparekraf dikatakannya akan terus mendukung seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat bangkit dengan berbagai program dan dukungan. Dalam waktu dekat, Kemenparekraf juga akan mendukung penyelenggaraan Jakarta Marathon dan Borobudur Marathon. 

"Kita akan terus tingkatkan seiring dengan pariwisata era baru, yakni salah satunya pariwisata berbasis olahraga untuk dapat bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga. 

Salah seorang peserta MesaStila 100, Gido, merasa bahagia dapat kembali berpartisipasi di event seperti ini. Ia tidak merasa khawatir meski kegiatan dilakukan di tengah pandemi karena penerapan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih acara juga berlangsung di alam terbuka. 

"Saya datang dari Bandung dengan mengendarai mobil, jadi sangat menyenangkan bisa ikut di MesaStila 100," kata pria asal Belanda yang telah menetap di Bandung selama 11 tahun ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…