Menparekraf Ingin Ajang Sport Tourism Kembali Menggeliat

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 11 Oktober 2021 - 11:15 WIB

Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)
Ajang Sport Tourism MesaStila 100 di di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Ajang sport tourism "MesaStila 100" yang berlangsung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diharapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dapat ditunjang lewat penyelenggaraan event wisata olahraga seperti MesaStila 100.

MesaStila 100 menawarkan pengalaman lebih bagi wisatawan untuk berolahraga melintasi keindahan potensi alam yang unik, juga kaya akan budaya serta tradisi. Dengan adanya kearifan lokal, akan menjadi pembeda bagi destinasi yang mampu menjadi pengalaman yang otentik dan unik untuk menarik para wisatawan. 

"Saya mengapresiasi bahwa MesaStila 100 penyelenggaraannya di tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah penanganan pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan sangat kita perlukan agar kita dapat segera mengakhiri pandemi ini," kata Sandiaga Uno usai tiba di garis finish MesaStila 100, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Turut berpartisipasi pada perlombaan tersebut, Menparekraf sangat optimis karena melihat antusiasme peserta yang ikut di MesaStila 100. Tercatat lebih dari 400 peserta mengikuti 5 nomor lomba. Selain 12 kilometer, MesaStila 100 juga menghadirkan kategori lomba untuk 25k, 50k, 75k, dan 100k. 

"Setelah tahun lalu (MesaStila 100) absen, tahun ini merupakan tahun yang sudah ditunggu-tunggu. Dan slot peserta semuanya sold out hanya dalam waktu 2 minggu merupakan rekor dari masa-masa penyelenggaraan MesaStila 100 sebelumnya," tuturnya.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat memberi inspirasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah untuk dapat bangkit dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sehingga pariwisata bangkit, ekonomi bangkit dan membuka lapangan kerja. 

Kemenparekraf dikatakannya akan terus mendukung seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat bangkit dengan berbagai program dan dukungan. Dalam waktu dekat, Kemenparekraf juga akan mendukung penyelenggaraan Jakarta Marathon dan Borobudur Marathon. 

"Kita akan terus tingkatkan seiring dengan pariwisata era baru, yakni salah satunya pariwisata berbasis olahraga untuk dapat bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga. 

Salah seorang peserta MesaStila 100, Gido, merasa bahagia dapat kembali berpartisipasi di event seperti ini. Ia tidak merasa khawatir meski kegiatan dilakukan di tengah pandemi karena penerapan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih acara juga berlangsung di alam terbuka. 

"Saya datang dari Bandung dengan mengendarai mobil, jadi sangat menyenangkan bisa ikut di MesaStila 100," kata pria asal Belanda yang telah menetap di Bandung selama 11 tahun ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…