Di Masa Depan, Sistem Online Tetap Mendominasi dan Akan Menjadi Kebiasaan Baru

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 10 Oktober 2021 - 15:15 WIB

Ilustrasi Belanja Online (Ist)
Ilustrasi Belanja Online (Ist)

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital telah terjadi di seluruh industri selama pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari cara belajar yang telah bergeser menjadi virtual learning, begitu juga untuk kesehatan dengan digital healthcare, dan berbelanja yang sekarang lebih banyak melalui e-commerce. Bagaimana jika pandemi usai? Apakah sistem online yang telah diterapkan akan kembali berubah konvensional?.

"Di masa depan, pada survei perubahan perilaku konsumen Indonesia setelah pandemi Covid ternyata 93 persen konsumen mengaku akan tetap menggunakan layanan online. Ketika pandemi terjadi terdapat 37 persen kenaikan konsumen baru yang beradaptasi beralih ke sistem online," kata Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan kemungkinan sistem online bakal terus berlanjut dan menjadi kebiasaan baru, memiliki tantangan. Di antaranya ketersediaan supply talent digital yang masih perlu ditingkatkan untuk menekan kesenjangan keterampilan.

Semua yang terjadi sekarang menurut dia seharusnya masih akan terjadi 10 tahun mendatang, namun pandemi membuat transformasi digital mengalami percepatan. Sehingga terjadi peningkatan kebutuhan talent dengan digital skills secara masif di industri era digitalisasi. 

"Jadi inilah saat pandemi, reinvent your self! Jadi kita temukan diri kita yang baru dengan cara meningkatkan skills yang dibutuhkan di era digital ini," tuturnya.

Sebagai dasar setiap orang setidaknya harus memiliki kemampuan literasi digital seperti kreatif, berpikir kritis, efektif, problem solving, paham etika, dan mengerti keamanan digital. 

Selanjutnya skills yang fungsional juga diperlukan seperti mahir menggunakan perangkat digital seperti Zoom, Google Drive, dan aplikasi lainnya untuk kolaborasi digital. "Di tahap selanjutnya ada digital skills seperti digital marketing, artificial intelegence, analis big data, hingga cyber security," pungkasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti M. Arifin, Kepala Sekolah SMAN 1 Cipendeuy, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata, dan Rino, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).