Skills yang Dibutuhkan untuk Menjadi Content Creator

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 09 Oktober 2021 - 14:20 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Platfom digital era ini erat kaitannya dengan konten. Bahkan, saat ini terdapat julukan "Content is King", di mana setiap platform mengharuskan kita membuat konten, terutama yang ingin mencari penghasilan dari platform tersebut.

"Konten yang bagus bukan sekadar viewsnya banyak dan likesnya banyak, tetapi konten yang baik justru yang bisa memberikan manfaat, value, dan dampak kepada audiensnya," jelas Ayu Imanda seorang blogger sekaligus konten kreator, saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Ayu sebagai key opinion leader menyampaikan, tujuan pembuatan konten ini bisa untuk sharing atau media berbagi, hiburan, personal branding, hingga business awareness. Menurutnya, awareness sangat mudah ditingkatkan dan mampu diukur melalui konten-konten di media digital.

Namun, menjadi konten kreator butuh skills atau kecakapan, meliputi soft skills dan digital skills. Soft skills yang paling dibutuhkan konten kreator, yakni kreativitas, public speaking, dan copywriting. Kreativitas dibutuhkan untuk menghadirkan ide konten baru setiap waktunya. Public speaking agar kita mampu menyampaikan review produk dengan jelas, serta copywriting untuk membuat konten menarik dalam bentuk tulisan.

Sementara itu, digital skills ini terdiri atas desain grafis, videografi, dan fotografi. Ketiga digital skills ini berpengaruh pada pembuatan konten kita untuk platform digital. Selain itu, saat ini banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk editing, desain, dan foto. Aplikasi yang bisa dimuat di perangkat seluler kita juga dinilai jauh lebih praktis dibandingkan dengan laptop. 

Menjadi konten kreator tidak bisa dikatakan mudah, tetapi juga tidak sulit. Ayu mengatakan, hal yang paling banyak dipertanyakan orang ialah bagaimana agar konten kita mudah 'naik'. 

Menurutnya, kita perlu menemukan topik bahasan yang pas agar menemukan pasarnya atau target audiens. Topik ini bisa dimulai dari hal yang disukai. Kemudian, mengasak kreativitas untuk menemukan ide-ide baru. Lalu, tetapkan target dan fokus dari setiap konten kita. 

"Berteman dan berkolaborasi itu penting sekali. Kita bisa berkomunitas dan bisa mendapat ilmu dari sana. Bahkan kita juga bisa mendapatkan dan memperluas relasi," tutur Ayu.

Penting juga untuk kita menghadirkan konten-konten positif yang membuat audiens percaya yang membangun lingkungan digital yang positif. Apapun konten yang kita unggah, pastikan selalu memenuhi etika digital dan tidak bertentangan dengan aturan juga SARA.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Dee Ferdinand (B2B Digital Strategy Coach), Iman Darmawan (Fasilitator Public Speaking), Arief Lestadi (Founder NAS Consulting & Research), dan Mona Ratuliu (Founder ParentTHINK).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri logam dasar

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:35 WIB

11 Subsektor Kontraksi, IKI Bulan Mei Sentuh Level 50,90

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada bulan Mei 2023 berada pada level 50,90. Angka tersebut masih dalam fase ekspansi, meski mengalami perlambatan 0,48 poin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:26 WIB

Sambut Kunjungan Bisnis ke IKN Nusantara, Menteri Basuki Rayu Pengusaha Singapura untuk Berinvestasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kehadiran 95 orang investor dari Singapura di area proyek pembangunan IKN yang merupakan salah satu rangkaian…

PT iForte Solusi Infotek (iForte)

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:18 WIB

Layanan Solusi Ethernet Bisnis iForte Berhasil Raih Sertifikat MEF-CE 3.0

PT iForte Solusi Infotek (iForte), perusahaan penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi dan internet service provider telah berhasil meraih sertifikat internasional MEF-CE 3.0 Carrier Ethernet.…

Monica Oudang, Chairperson Yayasan Anak Bangsa Bisa

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:02 WIB

YABB Hadirkan Generasi GIGIH 3.0: Jembatan antara Generasi Muda dengan Industri Teknologi

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi non-profit yang didirikan oleh Grup GoTo, menghadirkan program Generasi GIGIH 3.0 yang memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:54 WIB

Pegadaian Siap Gelar Pelatihan untuk Kembangkan UMKM Nasional di 12 Kota di Seluruh Indonesia

PT Pegadaian menggelar pelatihan dan pengembangan UMKM secara nasional sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi UMKM.