Didukung Harga Komoditas, Mirae Asset Sekuritas Prediksi IHSG Tembus Rekor 2021

Oleh : Wiyanto | Jumat, 08 Oktober 2021 - 16:57 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menilai faktor pemulihan ekonomi, Covid-19 yang mereda, serta naiknya harga komoditas dapat meningkatkan optimisme pelaku pasar dan mendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rekor tertinggi tahun ini, yaitu ke atas 6.441 pada bulan Oktober.

“Memasuki kuartal IV/2021, IHSG berada di zona hijau dan siap untuk memecahkan rekor tertinggi di tahun ini. Pada Oktober, secara teknikal IHSG akan menguji support di level 6.202-6.286 dan resistance di kisaran 6.441,” ujar Martha Christina, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, dalam rilisnya hari ini (7/10/2021). Sebagai catatan, rekor IHSG tahun ini masih dipegang 6.435 yang dicetak pada 13 Januari 2021.

Kemarin, indeks saham domestik itu meroket hingga 2,06% dan nyaris mencetak rekor baru. Penguatan tersebut membuat IHSG ditutup pada 6.417. Martha mengatakan pasca membukukan penguatan 2,2% di bulan September, bulan ini IHSG dapat melanjutkan penguatan karena peningkatan mobilitas masyarakat dan semakin mempercepat pergerakan roda perekonomian.

Di tengah optimisme tersebut, Martha dan Tim Investment Information Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan tiga sektor saham utama, yaitu energi, barang konsumen primer, dan perbankan. Untuk sektor energi, saham yang menjadi pilihan adalah ITMG, PTBA, ADRO, dan PGAS. Lalu dari sektor konsumen primer dan perbankan, pilihan sahamnya adalah LSIP, AALI, dan SSMS bersama dengan BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI.

“Kami menilai saham komoditas energi dan minyak sawit mentah (CPO) masih atraktif, mengingat harga komoditasnya yang terus meningkat dan ekspektasi laporan keuangan kuartal III/2021 yang positif. Begitu juga dengan sektor perbankan, yang berkorelasi positif dengan pertumbuhan ekonomi.”

Nafan Aji Gusta, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, menambahkan bahwa naiknya harga komoditas dunia seperti harga minyak mentah, batu bara, CPO, timah, maupun gas alam baru-baru ini turut didorong naiknya permintaan global seiring dengan pemulihan ekonomi. IMF, World Bank, maupun OECD, lanjutnya, memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada 2021 masing-masing 6%, 5,6% dan 5,7%, seiring dengan komitmen berbagai negara dalam meningkatkan stimulus fiskal dan moneter sekaligus program akselerasi vaksinasi.

Namun di sisi lain seiring dengan perbaikan ekonomi global, potensi naiknya suku bunga acuan AS pada tahun depan pun diprediksi lebih besar, yaitu ketika sebanyak 9 anggota FOMC memilih untuk menaikkan suku bunga acuan setidaknya satu kali terhadap suku bunga acuan AS pada tahun depan.

Dalam “Dot Plot” terbaru yang dirilis bank sentral AS atau The Fed tersebut sangat berbeda dibanding Dot Plot Juni lalu, di mana proyeksi median anggota FOMC menunjukkan tidak ada kenaikan suku bunga acuan hingga 2023.

Terkait dengan pasar saham, pada periode 9 bulan pertama 2021 Mirae Asset Sekuritas masih kokoh di peringkat pertama perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia sekaligus mendominasi bursa saham domestik.

Mirae Asset Sekuritas mencatatkan nilai transaksi Rp 530,36 triliun dengan pangsa pasar 10,99% dari total transaksi bursa Rp 4.824 triliun, dan nilainya berselisih Rp 189,68 triliun dari sekuritas yang berada di posisi kedua. Di bawah Mirae Asset Sekuritas, sekuritas di peringkat kedua mencatatkan nilai transaksi Rp 340,67 triliun dan di peringkat ketiga mencatatkan transaksi Rp 285,93 triliun. Masing-masingnya memiliki pangsa pasar 7,06% dan 5,93% dari total transaksi di bursa.

Keunggulan Mirae Asset Sekuritas tersebut di pasar saham domestik tidak lepas dari transaksi nasabah, terutama dengan hadirnya kompetisi trading saham online terbesar di Indonesia yaitu HOTS Championship setiap 3 bulanan. Kompetisi tersebut turut membuat nasabah perusahaan efek itu lebih aktif bertransaksi untuk belajar sekaligus mendapatkan keuntungan bertransaksi yang maksimal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Artis Sarah Sova Gerak Cepat Beri Bantuan Korban Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 12:00 WIB

Artis Sarah Sova Gerak Cepat Beri Bantuan Korban Gunung Semeru Lumajang

Bencana alam meletusnya gunung Semeru yang meluluhlantakan warga kabupaten Lumajang, membuat masyarakat prihatin dan bersedih. Tak terkecuali artis Sarah Sova, sebagai bentuk prihatin ia bergegas…

Kamis, 09 Desember 2021 - 12:00 WIB

Artis Sarah Sova Gerak Cepat Beri Bantuan Korban Gunung Semeru Lumajang

Bencana alam meletusnya gunung Semeru yang meluluhlantakan warga kabupaten Lumajang, membuat masyarakat prihatin dan bersedih. Tak terkecuali artis Sarah Sova, sebagai bentuk prihatin ia bergegas…

Agen BRILink bertransaksi dengan nasabah

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:59 WIB

Goks! Cetak 871 Juta Transaksi, Volume Transaksi BRILink Tembus Rp1.000 Triliun

Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tetap diandalkan oleh masyarakat. AgenBRILink terus menjembatani masyarakat…

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:53 WIB

Top! PTBA dan INKA Gercep Kembangkan Kendaraan Tambang Berbasis Listrik

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota dari holding BUMN pertambangan MIND ID, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Industri Kereta Api (Persero)/INKA untuk mengembangkan kendaraan tambang…

Wamendag Jerry Sambuaga

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:48 WIB

Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan,salah satu strategi pemulihan nasional dilakukan dengan membangun dan merevitalisasi pasar rakyat.Pembangunan tidak hanya fisik tetapi juga…